Wajib Coba, Kuliner Khas Tegal Yang Unik Legendaris

Wajib Coba, Kuliner Khas Tegal Yang Unik Legendaris

Kuliner khas Tegal yang unik legendaris-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Tegal adalah salah satu kabupaten dan kota yang terletak di Jawa Tengah. Ada banyak makanan khas Tegal yang bisa kamu cicipi. Kuliner khas Tegal yang unik legendaris juga sangat beragam. Makanan khas Tegal sangat dipengaruhi oleh letak geografisnya yang berada di Pantai Utara Jawa. 

Selain itu, belakangan Tegal juga kerap disebut-sebut sebagai Kota Kuliner karena banyaknya sentra kuliner yang mulai bermunculan di kota ini. Kuliner khas Tegal yang unik legendaris sangat beragam, meskipun hampir sama dengan daerah lain, namun Tegal kerap ada keunikan tersendiri cara  membuat, nama atau bahan yang menjadi pembeda.

Jika kebetulan sedang berada di kota Tegal, jangan sekadar lewat saja. Cobalah mencicipi aneka kuliner khas Tegal yang unik legendaris ini. Tegal mempunyai daya tarik tersendiri yang sayang sekali untuk dilewatkan.  Mereka menawarkan banyak makanan lezat dengan cita rasa yang sangat otentik dan bisa kamu temukan di Tegal. 

Nah, disini akan membahas tentang kuliner khas Tegal yang unik legendaris yang bisa kamu cicipi saat di Tegal. Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:Menggali Kekayaan Kuliner Khas Pekalongan, Warisan Budaya di Setiap Suapan

 

1. Tahu Aci

Sesuai dengan namanya, makanan khas Tegal selanjutnya ini merupakan olahan tahu bersama aci atau tepung kanji. Perpaduan tekstur kenyal dari aci dan tahu yang lembut membuat kuliner Tegal satu ini menjadi salah satu pilihan makanan ringan yang menarik untuk disantap, khususnya bagi penggemar jajanan gorengan.

2. Rujak Teplak

Kuliner khas Tegal selanjutnya yang bisa cicipi adalah Rujak Teplak. Diolah dari beragam sayuran yang direbus seperti kangkung, daun lemayung, daun pepaya, dan berbagai sayuran lainnya, yang menjadi ciri khas dari makanan khas Tegal ini adlaah tambahan “sambal gaul”.

Sambal gaul ini sendiri merupakan olahan dari singkong rebus yang dihaluskan dengan bumbu-bumbu pedas. Dengan keunikan rasanya ini, Rujak Teplak menjadi salah satu kuliner legendaris yang bisa kamu temui di Tegal.

3. Sate Tegal

Makanan khas Tegal yang lainnya adalah sate Tegal. Sate ini dibuat dengan daging kambing balibul atau batibul. Batibul atau balibul adalah sebutan untuk sate kambing muda yang menggunakan daging kambing usia di bawah tiga bulan dan lima bulan.

Sate Tegal selalu menggunakan daging kambing muda sehingga teksturnya lembut dan enak. Sate kambing juga biasanya disajikan di atas piring hotplate sehingga aromanya semakin sedap.

4. Soto Tauco

Buat penggemar Soto, Tegal juga menawarkan kuliner Soto namun dengan cita rasa berbeda khas Tegal. Dengan isian daging ayam yang disuwir, irisan babat, tauge, brambang goreng, yang menjadikan kuliner khas Tegal ini berbeda adalah tambahan Tauco didalamnya. Hal ini membuat rasa dari Soto menjadi sangat khas dengan perpaduan rasa manis, asam, asin, dan aroma dari Tauco.

BACA JUGA:Simak Kuliner Unik Khas Jogja Yang Legendaris Memikat Wisatawan

5. Sega Lengko

Kuliner satu ini cukup terkenal di kawasan pantai utara, dan tentunya di Tegal. Sega atau Nasi Lengko merupakan sajian nasi bersama lauk tahu dan tempe, kol, tauge, serta sambal kacang dengan kerupuk sebagai pelengkap.

6. Kupat Blengong

Kupat Blengong sebenarnya adalah Kupat Glabeb yang dilengkapi dengan tambahan Sate Blengong. Terbuat dari daging Blengong, sate yang memiliki ukuran relatif lebih panjang daripada sate pada umumnya ini bercita rasa gurih. Soal tekstur, daging blengong sendiri memiliki rasa yang menyerupai daging bebek.

7. Olos

Berlibur ke Tegal takkan lengkap sebelum Toppers mencicipi Olos, camilan khas Tegal yang berbentuk bulat dan kerap dijajakan oleh penjual gerobakan.

Gorengan yang terbuat dari bahan tepung terigu dengan isian sayur-sayuran dan cabai ini menjadi salah satu kuliner khas Tegal yang cukup digemari. Apalagi, kini Olos sudah dimodifikasi dengan beragam isian seperti sosis, ayam, dan juga keju.

Identik dengan rasa pedas, jelas makanan khas Tegal satu ini wajib dicicipi jika kamu merupakan penggemar makanan pedas.

8. Glotak

Makanan khas Tegal lainnya yang tak kalah lezat adalah Glotak yang berbahan dasar gembus, sejenis oncom yang kemudian dimasak dengan berbagai macam bumbu sehingga menghasikan rasa yang gurih.

Gembus ini kemudian dimasakk kembali bersama kaldu dan tambahan cabai untuk memberikan cita rasa pedas. Suara “glotak-glotak” pada proses memasak kuliner inilah yang kemudian membuatnya disebut sebagai Glotak.

BACA JUGA:8 Kuliner Tradisional Semarang, Warisan Budaya yang Menggoda Selera

9. Blendung

Blendung merupakan makanan berbahan dasar jagung yang bisa ditemukan dengan mudah di pasar-pasar tradisional yang ada di Tegal. Makanan khas Tegal ini dibuat dari jagung yang direbus kemudian kemudian disajikan bersama parutan kelapa.

Itulah ulasan kuliner khas Tegal yang unik legendaris yang bisa dijadikan referensi kamu saat ke Tegal, dengan berbagai beragam kulinernya. Semoga bermanfaat.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: