Simak Kuliner Unik Khas Jogja Yang Legendaris Memikat Wisatawan

Simak Kuliner Unik Khas Jogja Yang Legendaris Memikat Wisatawan

Kuliner unik Khas Jogja yang legendaris-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), atau juga dikenal sebagai Jogja, daerah yang sebutan kota pelajar ini menyimpan sejumlah kuliner unik khas Jogja yang legendaris. Telah menjadi destinasi wisata yang diminati oleh banyak pengunjung. 

Selain menawarkan berbagai tempat menarik untuk dikunjungi, kota ini juga terkenal dengan kuliner unik Khas Jogja yang legendaris salah satu makanan khas Jogja adalah Gudeg, sebuah hidangan dengan cita rasa manis dan gurih yang memanjakan lidah.

Tak hanya itu, terdapat pula makanan lain seperti Tiwul, bakpia, sate kere, dan berbagai hidangan lezat lainnya. Tidak akan lengkap rasanya berkunjung ke Jogja tanpa mencicipi kelezatan kuliner unik Khas Jogja yang legendaris.

Nah, Kali ini kita akan membahas tentang kuliner unik Khas Jogja yang legendaris. Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:Delapan Kelezatan Kuliner Tegal yang Memikat Wisatawan

 

1. Gudeg

Mendengar kata "gudeg" mengingatkan kita dengan kota Jogja. Menu khas ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dalam santan dalam proses memasak yang memakan waktu cukup lama. Makanan khas Jogja yang patut dicicipi ini umumnya disajikan bersama nasi dan dihidangkan dengan kuah santan kental atau areh, ayam kampung, telur, tahu, dan sambal goreng krecek.

2. Bakpia Pathuk 

Bakpia Pathuk merupakan makanan khas Jogja yang sering dicari oleh para wisatawan. Bakpia Pathuk menjadi salah satu ikon kuliner legendaris di Jogja yang kerap dijadikan sebagai oleh-oleh. Kelezatan rasa manis dan tekstur krispi membuat bakpia ini sangat populer di kalangan para wisatawan. Bakpia hadir dalam berbagai varian rasa, mulai dari kacang hijau, cokelat, keju, hingga durian. 

BACA JUGA:4 Rekomendasi Wisata Kuliner di Tegal yang Unik dan Dijamin Bikin Nagih

3. Sate Kere 

Kuliner unik Khas Jogja yang legendaris selanjutnya adalah sate kere. Makanan ini telah mengukuhkan identitasnya di kalangan pecinta sate.

Sate kere terbuat dari kopyor sapi atau bagian lek sapi yang diolah dengan bumbu khusus, sehingga ketika dipanggang, menghasilkan aroma yang menggugah selera. Tidak hanya aromanya yang istimewa, tetapi juga cita rasa dagingnya yang tak kalah lezat.

4. Belalang atau Walang Goreng 

Belalang goreng atau walang goreng, merupakan salah satu makanan khas Jogja yang menawarkan pengalaman yang cukup unik untuk dicicipi. Hidangan unik ini dibuat dari belalang yang digoreng hingga kering dan memiliki tekstur renyah saat disantap. Meskipun terdengar tidak umum, walang goreng ternyata kaya akan nutrisi 14 gram protein, hampir setara dengan kandungan protein yang terdapat pada ikan salmon.

5. Jadah Tempe 

Jadah tempe, makanan asli dari Kabupaten Sleman, Jogja, khususnya dari daerah lereng Gunung Merapi, Kaliurang. Makanan khas Jogja ini adalah hidangan tradisional yang menggabungkan jadah dan tempe. "Jadah" merujuk pada hidangan yang terbuat dari olahan ketan, sementara "tempe" mengacu pada tempe yang diolah menjadi bacem.

BACA JUGA:8 Kuliner Tradisional Semarang, Warisan Budaya yang Menggoda Selera

6. Tiwul 

Kuliner unik Khas Jogja yang legendarisberikutnya adalah nasi tiwul. Makanan ini berasal dari Kabupaten Gunungkidul. Alternatif pengganti nasi ini terbuat dari singkong dan muncul pada masa penjajahan Jepang. Ketika itu, harga beras tinggi sehingga membuat masyarakat kesulitan untuk membelinya. Inilah yang mendorong inovasi untuk menciptakan menu pengganti nasi, yaitu tiwul.

7. Mie Lethek

Salah satu kabupaten di Jogja, yakni Bantul terdapat satu jenis mie yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Mie itu bernama Mie Lethek. Sesuai namanya, Mie Lethek menyerupai bihun dan berwarna lethek atau kusam. Rasanya tidak kalah enak dengan jenis mie lain pada umumnya.

Demikian ulasan mengenai kuliner unik Khas Jogja yang legendaris wajib anda nikmati saat berlibur ke Jogja, Supaya lebih mengenal kelezatan kuliner khas Indonesia. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: