5 Tips Mengatur Keuangan Agar Tidak Terjerat Utang di Pinjol

5 Tips Mengatur Keuangan Agar Tidak Terjerat Utang di Pinjol

Tips mengatur keuangan agar aman dari galbay pinjol--

BACA JUGA:Begini Cara Melunasi Utang Pinjol Agar Tidak Gagal Bayar, Solusi Jitu Jika Terjerat Pinjaman Online

Meningkatkan literasi keuangan yang mapan, maka Anda bisa memahami kebutuhan yang perlu dipenuhi. Selain itu, Anda bisa memilih kebutuhan mana yang perlu diprioritaskan di kehidupan sehari-hari.

4. Atur Pinjaman Sesuai Prioritas

Penyusunan skala prioritas dengan mendahulukan kebutuhan daripada keinginan. Kebutuhan seperti uang makan, uang sewa rumah, biaya transportasi, listrik dan lain sebagainya.

Semua hal itu akan berada di daftar atas, sedangkan anggaran untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting jangan diprioritaskan. Hal ini supaya Anda memiliki uang untuk membayar tagihan tepat waktu.

5. Mengatur Perencanaan Keuangan yang Baik

Setiap permasalahan keuangan sebagian besar disebabkan karena kurangnya perencanaan keuangan yang baik. Perencanaan keuangan sangat penting dilakukan jika Anda ingin menghindari jeratan utang pinjol.

Dengan membuat perencanaan keuangan kita dapat memetakan secara tepat dan rinci jumlah penerimaan dan kebutuhan kita sehingga pengeluaran kita lebih teratur. Perencanaan keuangan dapat dimulai dari membuat rencana anggaran, membuat catatan keuangan, menyisihkan dana untuk dana darurat dan menabung.

Kelima cara di atas merupakan solusi efektif bagi Anda untuk mengatur keuangan supaya aman dari galbay pinjol. Demikian beberapa tips mengatur keuangan agar aman dari risiko terjadinya galbay pinjol. Semoga bermanfaat khususnya bagi anda yang sedang mencari solusi keuangan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: