Dinas Koperasi UKM Perdagangan Kabupaten Tegal Dorong Pengembangan Usaha Mikro

Dinas Koperasi UKM Perdagangan Kabupaten Tegal Dorong Pengembangan Usaha Mikro

DUKUNGAN - Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan support pelaku usaha Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Upaya mengembangkan usaha mikro dengan orientasi peningkatan skala usaha menjadi usaha kecil. Kini tengah dijajaki Dinas Koperasi UKM Perdagangan Kabupaten Tegal. Langkah awal dilakukan dengan mengundang puluhan pelaku usaha yang ada di Kabupaten Tegal di Trasa Co Working Space dengan mengambil tema 'Cakap Publik Speaking di Era Revolusi Artifical Intelligence (AI)'. 

Di kesempatan tersebut, Pj Bupati Tegal Agustyarsyah didampingi Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Imam Rudy Kurnianto membuka kegiatan.

BACA JUGA:Pemberdayaan Perempuan di Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal Semakin Kuat

Rudy menyatakan bahwa pihaknya siap memfasilitasi para pelaku UKM termasuk penggunaan lantai 1 di Trasa Co Working Space yang akan digratiskan.

Dinas Koperasi UKM Perdagangan  mendorong untuk lantai 1 ini tidak ada sewa, agar bisa dimanfaatkan. Pihaknya fasilitasi yang merencanakan pelaku UKM yang memanfaatkan juga mereka. 

"Karena kalau kita yang merencanakan barangkali tidak ketemu dengan tujuan mereka," ujarnya, Selasa (11/6/2024).

Layanan yang akan diberikan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, diantaranya gerai serta layanan konsultasi. Dengan mengacu pada 4 tahap. Yakni perizinan, branding, marketing dan permodalan. 4 tahap itu tergambarkan di gerai lantai 1.

BACA JUGA:Siswi SMP Negeri 2 Margasari Kabupaten Tegal Maju ke OSN Tingkat Provinsi

Untuk perizinan nanti outputnya tetap di Mal Pelayanan Publik (MPP), branding dan packaging telah disediakan di rumah kemasan. Kemudian marketing sudah disediakan para mentor atau instruktur serta permodalan dari Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan yang telah bekerjasama dengan salah satu bank milik Pemerintah Daerah yakni Bank TGR dan bank-bank lainnya," ungkapnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: