7 Cara Melunasi Utang Secara Efektif agar Tagihan Tidak Semakin Menumpuk

7 Cara Melunasi Utang Secara Efektif agar Tagihan Tidak Semakin Menumpuk

cara melunasi utang secara efektif --foto ajaib

Mungkin kalian bisa melakukan take over kredit. Take over kredit merupakan salah satu cara yang cukup efektif. Kalian bisa menjual kembali kendaraan yang masih memiliki cicilan untuk dilanjutkan kepada pihak pembeli kendaraan nantinya. Selain itu, kalian pun akan memiliki kemungkinan untuk mendapatkan dana segar tambahan sebagai salah satu solusi untuk melunasi untang tersebut. 

5. Jangan Kembali Berutang

Sangat tidak dianjurkan untuk membayar utang dengan cara kembali berutang. Alangkah lebih baiknya kalian menyelesaikan segala beban utang yang kalian miliki hingga lunas. Agar tidak lagi mengalami kondisi kesulitan dalam melunasi utang, ada baiknya kalian mengubah gaya hidup yang kalian miliki.

Minimalisasi keberadaan utang untuk kebutuhan yang esensial, seperti kepemilikan rumah atau kendaraan. Untuk keperluan yang bersifat non esensial seperti liburan atau belanja gadget, akan lebih baik jika Anda menyiapkan tabungan terpisah demi memenuhi keinginan tersebut.

BACA JUGA:10 Cara Efektif Melunasi Utang Pinjol agar Tidak Galbay, Manfaatkan Pinjaman Tanpa Bunga Sepeserpun

6. Mulai Bayar dengan Skala Prioritas

Berdasarkan catatan utang yang kalian buat, kalian akan menemukan beban utang mana saja yang masuk ke dalam daftar prioritas. Kalian bisa mengatur skala prioritas dari perhitungan tenor serta besaran total dari beban utang yang kalian miliki. Pastikan untuk membayar secara maksimal utang yang masuk ke dalam skala prioritas tersebut. 

7. Buatlah Rekapitulasi Utang

Kalian perlu membuat rincian daftar atau rekapitulasi utang terlebih dahulu. Cara ini merupakan langkah penting untuk dilakukan agar bisa menemukan skema terbaik dalam kembali menghadirkan kestabilan finansial dengan melunasi utang.

Itulah beberapa informasi seputar cara melunasi utang secara efektif yang bisa kalian lakukan dan terapkan agar beban finansial kalian berkurang serta menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: