Tips Mencegah Data Pribadi Disebar oleh Pinjol, Cuma lewat HP dan Dijamin Bebas Buron

Tips Mencegah Data Pribadi Disebar oleh Pinjol, Cuma lewat HP dan Dijamin Bebas Buron

Tips mencegah data pribadi disebar oleh pinjol--

Apabila saat mengajukan pinjaman dan dimintai perizinan data, setujui perizinan meliputi kamera, microphone, dan lokasi. Apabila aplikasi pinjaman yang digunakan meminta izin lebih dari itu, sudah dipastikan layanan tersebut ilegal.

Sedangkan untuk data pribadi, Anda bisa serahkan data seperti KTP sebagai syarat pengajuan pinjaman. Nasabah tidak perlu menyerahkan data yang bersifat sensitif seperti rekening dan lainnya.

2. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Supaya pihak pinjol tidak menekan nasabah dalam praktik penagihan, Anda bisa bayar utang tepat waktu. Cara ini efektif untuk dilakukan sebagai tips mencegah data pribadi disebar oleh penyedia pinjol.

Penting bagi Anda supaya tidak mengajukan pinjol di berbagai platfrom untuk menutup utang sebelumnya. Hal ini hanya akan memperburuk kondidi utang dan keuangamu, jadi perlu untuk Anda hindari.

3. Laporkan ke Pihak Berwajib Jika Menyebar Data

Jika data pribadi terlanjur disebar oleh penyedia pinjol, Anda bisa melaporkannya ke pihak berwajib. Umumnya data akan disebar ketika nasabah galbay di platfrom pinjol ilegal.

Sebelum melaporkan pastikan Anda menyertakan bukti yang kuat jika memang data sudah disebar oleh oknum pinjol ilegal. Karena itu, hati-hati jika ingin menggunakan layanan pinjol, pastikan Anda menggunakan platfrom legal terdaftar OJK supaya lebih aman.

Demikian informasi tentang beberapa tips mencegah data pribadi disebar oleh pinjol jika nasabah galbay. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: