Poltek Harber Tegal Jadi Tuan Rumah Rakornas dan Perayaan Hari Jadi ke-2 Pelita Indonesia

Poltek Harber Tegal Jadi Tuan Rumah Rakornas dan Perayaan Hari Jadi ke-2 Pelita Indonesia

MENGIKUTI - Sebanyak 40 pimpinan Politeknik Swasta yang tersebar di seluruh Indonesia foto bersama.Foto: Meiwan Dani R/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) menjadi tuan rumah Rapat Kordinasi Nasional (rakornas). Serta perayaan Hari Jadi ke-2 Perkumpulan Politeknik Swasta (Pelita) Indonesia. rakornas  diikuti 40 pimpinan politeknik swasta yang tersebar di seluruh Indonesia. Dihadiri pula oleh Wikan Sakarinto, Dirjen Vokasi Kemendikbudristek Tahun 2020-2022. Sudirman Said, Menteri ESDM 2014-2016, serta Philippe Grange, Tenaga Ahli Internasional Dirjen Vokasi Kemendikbudristek.

Ketua Umum Pelita Indonesia Akhwanul Akmal menuturkan bahwa kegiatan itu disamping untuk merayakan Hari Jadi Pelita Indonesia ke-2. Yang pada awal pembentukan Pelita Indonesia juga di Poltek Harber pada tanggal 20 Mei 2022. Kegiatan itu sebagai bentuk syukur atas beberapa capaian Pelita Indonesia bagi perkembangan pendidikan vokasi di Indonesia, khususnya politeknik swasta. 

BACA JUGA:Beri Edukasi Makanan Sehat kepada Anak Didik di Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal

Rakornas dilangsungkan bersamaan dengan perayaan hari jadi, sebagai wadah untuk membahas berbagai agenda penting. Dalam rangka memperkuat kerjasama antaranggota perkumpulan. Serta merencanakan langkah-langkah strategis ke depan guna meningkatkan kualitas pendidikan politeknik swasta di Indonesia.

"Kegiatan ini juga menjadi momen untuk mempersiapkan rapat kerja nasional (rakernas). Yang akan diselenggarakan di Politeknik Caltex Riau pada bulan Oktober 2024 mendatang," tuturnya.

Direktur Poltek Harber Tegal Agung Hendarto menyampaikan terima kasih kepada Pelita Indonesia. Yang telah kembali memilih Poltek Harber sebagai tempat penyelenggaraan rakornas dan Hari Jadi ke-2 Pelita Indonesia.

BACA JUGA:Anggaran KONI Kabupaten Tegal Rp1,1 Miliar, Dibagi untuk 24 Cabang Olahraga

“3 lalu, di tempat yang sama atas dasar nasib yang sama pula, politeknik swasta berkumpul dan bersama-sama mendeklarasikan Perkumpulan Politeknik Swasta (Pelita) Indonesia. Dengan tujuan sebagai wadah memperjuangkan politeknik swasta agar mendapat perhatian lebih dari pemerintah," ungkap Agung dalam sambutannya.

Ginanjar Wiro Sasmito selaku Direktur Eksekutif Pelita Indonesia menyampaikan rasa terima kasih kepada Poltek Harber yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik dan sangat berkesan. Terima kasih kepada seluruh peserta rakornas dan Hari Jadi ke-2 Pelita Indonesia yang berkenan hadir memenuhi undangan pengurus Pelita.

BACA JUGA:Fasilitasi Penyelesaian Permasalaha dan Hambatan Pelaku Usaha di

“Semoga hasil diskusi pada rapat koordinasi ini bisa segera ditindaklanjuti dengan baik. Sehingga membawa manfaat yang optimal bagi pendidikan vokasi yang ada di Indonesia, khususnya Politeknik Swasta," tambah Ginanjar.

Wikan Sakarinto dalam materi Inovasi dan Blueprint Pendidikan Vokasi menuturkan, lulusan vokasi yang kompeten harus memiliki 4 kompetensi. Pertama, kompeten pada hard skill dengan menguasai bidangnya. Kedua, adalah soft skill dengan keterampilan komunikasi, kerjasama, leadership, problem solving dan kreatif yang dimiliki oleh lulusan. Ketiga adalah memiliki attitude dan berkarakter yang baik.

Sudirman Said dengan pembahasan Menakar Keseriusan Negara terhadap Pendidikan Vokasi menyampaikan, semua mempunyai harapan bahwa pemerintah. Akan memperhatikan pendidikan sebagai sesuatu yang diprioritaskan, termasuk pendidikan vokasi. 

BACA JUGA:Berulah, Residivis Diringkus Jajaran Polsek Lebaksiu Polres Tegal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: