Beri Edukasi Makanan Sehat kepada Anak Didik di Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal

Beri Edukasi Makanan Sehat kepada Anak Didik di Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal

MARKET DAY - Sejumlah pelajar SD Negeri 3 Kalisoka Dukuhwaru, saat berjualan makanan di halaman sekolah dalam market day.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - SD Negeri 3 Kalisoka, Kecamatan Dukuhwaru memberikan edukasi jajanan dan makanan sehat kepada anak didiknya. Edukasi ini dibalut dalam kegiatan market day yang digelar di halaman sekolah setempat selama 3 hari. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dari kelas I hingga VI.

Kepala SD Negeri 3 Kalisoka Agil Aji Nugroho mengatakan, tujuan kegiatan market day ini untuk memperkenalkan para siswa tentang jajanan makanan yang sehat dan layak dikonsumsi.

"Karena kita tahu, banyak jajanan yang tidak sehat dan tidak layak dikonsumsi untuk anak-anak. Makanya, kegiatan market day ini adalah agar mereka tahu jajanan yang sehat seperti apa," ujarnya.

BACA JUGA:Berulah, Residivis Diringkus Jajaran Polsek Lebaksiu Polres Tegal

Dia menjelaskan, jajanan atau makanan yang sehat adalah tidak mengandung pewarna kimia, tidak mengandung pengawet dan tidak mengandung MSG.

Selain memperkenalkan secara spesifik tentang makanan yang sehat, tujuan market day ini juga untuk menumbuhkan kemandirian para siswa hingga memupuk jiwa kewirausahaan serta kemandirian sejak dini.

"Sehingga, ketika mereka sudah dewasa, mampu berwirausaha mandiri," sambungnya.

BACA JUGA:Polres Pemalang Adakan Lomba Satkamling

Menurut Agil Aji, makanan dan jajanan ini diolah oleh siswa di rumahnya masing-masing. Mereka juga mendapat pendampingan dari orangtuanya. Makanan kemudian dijual di sekolah. Pembelinya juga dari siswa sendiri. Ketika yang jualan siswa kelas I dan II, maka yang membeli siswa kelas III hingga VI.

"Pihak sekolah hanya memfasilitasi tempat saja. Yakni di halaman sekolah," kata Agil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: