Cara Tepat Hadapi DC Pinjol, Lakukan 5 Langkah Cerdas Ini agar DC Kapok Menagih

Cara Tepat Hadapi DC Pinjol, Lakukan 5 Langkah Cerdas Ini agar DC Kapok Menagih

cara tepat hadapi dc pinjol --foto singgalang riau

4. Jelaskan Alasan Keterlambatan dengan Baik

Nasabah harus menjelaskan secara baik alasan terlambat atau menunggak membayar utang. Kalian juga perlu menambahkan akan menghubungi pihak pemberi pinjaman soal utang tersebut.

Ingat juga jangan menjanjikan apapun pada debt collector (DC) untuk memperpanjang masa penagihan pinjaman. Ini bisa membuat proses penagihan menjadi semakin rumit.

5. Penyitaan Disertai Sertifikat Jaminan Fidusia

Lihat juga adanya sertifikat jaminan fidusia. Bentuknya seperti dokumen asli atau penyitaan barang. Jika debt collector tidak bisa menunjukkan sertifikat tersebut, tolak aktivitas penyitaan.

Bagi para calon nasabah, perlu diingat untuk melakukan dua hal sebelum melakukan peminjaman, sebagai berikut:

  • Jeli dan Waspada Memilih Layanan Pinjaman Online

Perlu diingat untuk memilih layanan pinjaman online yang terpercaya dan terdaftar di OJK. Metode penagihan yang dilakukan tidak akan membuat hidup menjadi tidak nyaman.

Selain itu juga harus melakukan peminjaman yang bijak dan tujuan jelas. Dengan begitu tidak akan mengalami risiko menunggak cicilan hingga kredit macet.

BACA JUGA:Bagaimana Tips Menghadapi DC Pinjol yang Agresif? Ikuti 6 Langkah Ini Dijamin Ampuh

  • Pahami Kebijakan OJK Soal Metode Penagihan

Sebaiknya memahami lebih dulu mengenai kebijakan atau regulasi OJK mengenai metode penagihan. Hanya pinjol ilegal dan tidak terdaftar yang melakukan penagihan dengan cara kekerasan, premanisme serta ancaman.

Layanan pinjaman online juga tidak lagi melakukan penagihan saat nasabah tidak membayar setelah 90 hari jatuh tempo. Ini aturan yang telah diterbitkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Jika tidak kunjung membayar setelah itu akan ada konsekuensi bagi nasabah. Yakni akan dilaporkan dan masuk dalam daftar hitam, dengan begitu tidak bisa mengajukan pinjaman lagi di masa depan untuk perbankan atau P2P lending. 

Demikian beberapa informasi mengenai cara tepat hadapi Debt Collector (DC) pinjol beserta hal penting sebelum melakukan peminjaman yang perlu kalian ketahui dan praktekkan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: