Jangan Panik, Ini Tips Menghadapi DC Lapangan Pinjol Datang ke Rumah, Dijamin Aman dari Teror

Jangan Panik, Ini Tips Menghadapi DC Lapangan Pinjol Datang ke Rumah, Dijamin Aman dari Teror

Cara menghadapi DC lapangan pinjol-Poskota-

DISWAYJATENG - Baru-baru ini, ada salah satu perusahaan fintech, bikin heboh di media sosial Indonesia. Pasalnya, platform pinjaman online ini menagih utang dengan menggunakan debt collector (DC) sampai ada nasabah yang putus asa sampai akhirnya mengakhiri hidup. Kamu nggak perlu khawatir, sebetulnya ada tips menghadapi DC lapangan pinjol yang dating ke rumah.

Berdasarkan unggahan yang viral di Twitter atau X, debt collector dari platform pinjol melakukan berbagai cara, dari teror lewat telepon di tempat kerja sampe pesen-pesen fiktif Gojek/Gofood. Tentu hal ini bikin resah para nasabah. Nah, untuk kamu sebaiknya perlu mengetahui cara menghadapi DC lapangan pinjol apabila datang ke rumahmu.

Biasanya, DC lapangan meneror kontak nasabah yang telat bayar. Namun, DC bisa melakukan cara lain untuk menagih hutang. Misalnya dengan mendatangi rumah nasabah yang telat bayar atau gagal bayar. Dalam keadaan ini, pasti nasabah merasa panik dan lalai terhadap cara menghadapi DC lapangan pinjol yang datang ke rumah.

BACA JUGA: Rekomendasi Pinjol Tanpa DC Lapangan, Aman Saat Telat Bayar, Inilah Daftarnya

Jadi, gimana sih cara menghadapi DC lapangan pinjol yang datang ke rumah? Nah, berikut ini ada rangkuman informasinya:

1. Terima Kedatangan Debt Collector dengan Baik

Saat debt collector dari Pinjol dateng ke rumah, yang penting banget adalah terima mereka dengan baik. Jangan dihindar atau malah lari dari tanggung jawab.

Karena ya, gimana pun juga, kita harus bayar utang kita dan tugas debt collector cuma menagih sampe lunas dengan baik. Nah, ini cara menghadapi DC lapangan pinjol yang paling awal untuk kamu lakukan.

2. Tanyakan Identitas, Surat Tugas, dan Sertifikasi Debt Collector

Saat didatangi debt collector yang dateng, kita harus tanya dulu identitasnya. Terus, minta juga surat tugas dan sertifikasinya yang resmi. Kedua hal itu penting banget buat hindarin debt collector ilegal.

BACA JUGA: Inilah 20 Aplikasi Pinjol Tanpa DC Lapangan dan BI Checking Terbaru, Cocok Untuk Memenuhi Kebutuhanmu

Cara menghadapi DC lapangan pinjol ini penting untuk kamu lakukan, karena penagihan secara lapangan hanya bisa dilakukan oleh DC yang memiliki identitas lengkap.

3. Pastikan Surat Peringatan DC Dilengkapi Sejumlah Informasi Wajib Ini

Menurut Instagram resmi OJK, ada beberapa hal yang harus kita pastiin kalo lagi ditagih utang sama debt collector. Misalnya, harus ada surat peringatan yang harus ngejelasin berapa hari keterlambatan pembayaran, jumlah utang yang belum dilunasi, bunga yang harus dibayar, dan denda yang kita harus bayar.

4. Jelaskan dengan Baik Kondisi Keuangan dan Kendala yang Dihadapi

Saat debt collector datang, yang harus kita lakuin adalah jelasin dengan jujur dan tenang tentang kondisi keuangan kita dan kendala yang lagi dihadapi. Ini penting agar debt collector bisa bantu cari solusi dan ngertiin kalo kita lagi susah bayar.

Terus, kalo ada kesepakatan pembayaran, ya kita harus bayar sesuai kesepakatan itu.

BACA JUGA: Hati-hati, Inilah Daftar Pinjol dengan DC Lapangan, Resmi Menggunakan Izin Slik OJK

5. Lakukan Pembayaran yang Menunggak kepada Debt Collector

kalau keuanganmu lagi nggak stabil dan kita gak bisa bayar utang sekaligus, salah satu solusinya bisa bayar angsuran tunggakan. Ikuti prosedurnya dengan baik, tapi kalo nggak bisa bayar, ya diskusikan dengan baik sama debt collector.

Kita bisa minta bantuan atau keringanan jadwal pembayarannya. Cara menghadapi DC lapangan pinjol yang satu ini bisa menyelesaikan masalah secara damai karena tujuan DC lapangan datang ke rumahmu adalah untuk menagih dan mengambil pembayaran secara langsung.

6. Ikuti Arahan Debt Collector dengan Baik

Nah, kalo keuangan lagi susah dan kita gak punya duit sama sekali, ya tetep terima kedatangan debt collector. Ikuti arahannya dengan baik dan bicarain dengan baik. Kita bisa minta solusi atau keringanan pembayaran. Ini menunjukkan kalo kita punya itikad baik buat lunasin utang.

7. Laporkan ke Pihak Berwajib Apabila Mendapat Ancaman dan Intimidasi

Kalo udah jelasin kondisi keuangan kita dengan baik tapi malah dapet ancaman, intimidasi, atau bahkan kekerasan dari debt collector, ya langkah terakhir yang bisa kita lakuin adalah laporin ke pihak berwajib. Kita bisa laporin debt collector ke polisi, Bank Indonesia, atau OJK.

BACA JUGA: Jangan Sampai Galbay, Inilah 15 Daftar Aplikasi Pinjol yang Ada DC Lapangan Datang Nagih ke Rumah Nasabah

Jadi, itu dia cara-cara menghadapi DC lapangan injol yang datang ke rumah. Semoga bisa membantu untuk kamu yang sedang terlilit hutang pinjol dan berkemungkinan didatangi DC lapangan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: