5 Jenis Makanan Khas Jawa Tengah Ini Memiliki Nama Yang Unik, Penasaran?

5 Jenis Makanan Khas Jawa Tengah Ini Memiliki Nama Yang Unik, Penasaran?

Jenis makanan khas Jawa Tengah yang memiliki nama unik-Tangkapan layar diswayjateng.id-

BACA JUGA:Destinasi Wisata di Jawa Tengah yang Terkenal Keanekaragam dan Keunikannya

3. Mangut Beong

Makanan khas kota Magelang, Jawa Tengah, ini memiliki nama yang unik. Nama 'beong' sendiri diambil dari nama ikan khas yang ada di Kali Progo.

Ikan yang sekilas hampir menyerupai ikan lele ini, memiliki daging yang cukup padat dan juga lembut. Tak hanya itu, saat dimasak ikan tersebut juga memiliki cita rasa yang lezat dengan daging yang mudah dikunyah.

Jika kamu ingin mencoba makanan khas Magelang ini, coba kunjungi Warung Sehati Selera Pedas di Desa Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur.

Warung yang berada sekitar 4 kilometer sebelah barat candi ini, menawarkan menu mangut beong tergantung ukuran. Untuk harga, siapkan uang sekitar Rp 20 ribu hingga Rp 70 ribu, ya!

4. Mie Ongklok

Jika kamu pernah berkunjung ke kota Wonosobo, tentu pernah mencicipi kuliner yang satu ini? Ya, makanan yang terdiri dari mi rebus, kol, potongan daun kucai, dan kuah kental berkanji itu terasa luar biasa.

Di Wonosobo sendiri, hidangan ini biasanya dijajakan di berbagai warung, rumah makan, maupun dijual keliling menggunakan gerobak.

Sebenarnya ada alasan tersendiri kenapa hidangan ini dinamai mie ongklok. Nama ongklok tersebut merupakan sejenis keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu, yang digunakan untuk merebus mi.

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Viral yang Wajib Dikunjungi di Jawa Tengah

5. Brekecek

Makanan khas Jawa Tengah yang memiliki nama unik selanjutnya adalah Brekecek. Makanan khas Cilacap ini terbuat dari ikan jahan atau dalam bahasa Banyumasan dikenal dengan nama 'pathak jahan'. 

Nama brekecek sendiri berasal dari kata 'brek' yang artinya dijatuhkan atau diletakkan, dan 'kecek' yang artinya dikecek-kecek bumbunya. Maksudnya, kepala ikan jahan atau pathak tersebut dicampur atau dikecek dengan bumbu khas mirip rasa rica-rica.

Info dari beberapa orang yang sudah mencicipi makanan khas ini, brekecek paling mantap jika diseruput bagian kepala ikannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: