Tradisi Unik Acara Apitan atau Sedekah Bumi Warga Banyumas, Mengarak Domba Dihias Warna-warni

Tradisi Unik Acara Apitan atau Sedekah Bumi Warga Banyumas, Mengarak Domba Dihias Warna-warni

tradisi unik pada apitan atau sedekah bumi --foto pikiran rakyat jateng

Mereka membawa sanak saudara duduk beralaskan tikar, dilanjutkan dengan doa yang dibawakan oleh tokoh agama setempat. 

Prosesi sedekah bumi dilanjutkan dengan pelaksanaan kenduri atau makan bersama di jalan kampung. Dalam ritual itu, warga masyarakat Desa Cikawung saling memberikan atau tukar hidangan yang dibawa dari rumah.

BACA JUGA:Tak Hanya Unsoed Saja, Inilah 4 Universitas Terbaik di Banyumas Versi Edurank 2023 Loh, Apa Saja Ya?

Apitan atau biasa disebut Sedekah Bumi merupakan wujud rasa syukur masyarakat khususnya Desa Cikawung terhadap hasil panen yang diperoleh. 

Adapun prosesi apitan itu sendiri yaitu dengan penyembelihan satu ekor kambing sama halnya seperti qurban, akan tetapi dalam prosesi apitan daging kambing yang sudah disembelih kemudian dimasak terlebih dahulu sebelum dibagikan ke warga masyarakat setempat. 

Biasanya acara apitan diselenggarakan tiap RT menggunakan uang iuran. Selain sebagai wujud rasa syukur apitan juga menjadi pemerat silaturrahmi antar warga khususnya dalam satu RT, karena prosesinya dilakukan secara gotong royong. 

Demikian beberapa informasi mengenai tradisi unik pada apitan atau sedekah bumi yang di selenggarang oleh warga Desa Cikawung untuk menghias kambing atau domba setiap tahunnya. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: