Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri Dorong Adanya Layanan Angkutan Umum Terintegrasi

Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri Dorong Adanya Layanan Angkutan Umum Terintegrasi

MENDORONG - Penjabat (Pj) Wali Kota Tegal, Dadang Somantri mendorong adanya layanan angkutan umum yang terintegrasi di tiga wilayah Pantura.Foto: Meiwan Dani R/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Penjabat (Pj) Wali Kota Tegal, Dadang Somantri mendorong adanya layanan angkutan umum yang terintegrasi di tiga wilayah Pantai Utara (Pantura), yakni Brebes, Kota Tegal da Kabupaten Tegal.

Hal itu disampaikan usai menghadiri Halalbihalal dan Pengukuhan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Alumni Ahli Lalu Lintas (IKAALL) Provinsi Jawa Tengah masa bhakti 2023 - 2027 di Hotel Grand Wahid, Kota Salatiga.

Ketika bertugas di Kota Tegal, Dadang prihatin dengan layanan transportasi  umum khususnya angkutan umum di Kota Tegal yang kondisinya terus  menurun.

BACA JUGA:UPS Tegal Terus Perluas Jangkauan Dunia Internasional

Menurut Dadang, tidak bisa lagi pelayanan hanya per segmen atau hanya dalam satu kota yaitu Kota Tegal. Karena pergerakan kegiatan ekonomi antara Kota Tegal dengan Brebes dan Slawi sudah menjadi satu kesatuan.

Maka dari itu, menurut Dadang layanan angkutan umum  dari Brebes, Kota tegal dan Slawi harus terintegrasi dan harus ditingkatkan dari angkutan yang kecil menjadi mass transport.

"Hal itu dalam rangka meningkatkan efisiensi penggunaan ruang jalan dan efisiensi penggunaan bahan bakar, ini juga meningkatkan kenyamanan bagi pengguna angkutan umum dengan sistem perjalanan yang terjadwal serta shelter-shelter yang sudah ditetapkan," ujar Dadang. 

BACA JUGA:Poltek Harber Tegal Kenalkan Teknologi Masa Depan

Dadang berharap kedepan rencana tersebut dapat dikomunikasikan dan dikerjasamakan dengan Pemerintah Kabupaten Brebes maupun Kabupaten Tegal serta meminta dukungan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi dalam pengadaan alat angkutan.

Dengan adanya layanan transportasi umum seperti Trans Jateng, Dadang berharap sistem transportasi akan menjadi lebih baik. Dengan meningkatnya efisiensi ruang jalan, maka tingkat kemacetan dan penggunaaan bahan bakar akan menurun.

Lebih lanjut dengan adanya layanan trans ini juga dapat ditingkatkan menjadi layanan khusus untuk angkutan pariwisata dari satu titik ke titik lain.

"Obyek wisata itu akan semakin baik ketika akses masuknya juga bagus salah satunya dari transportasi dan tentu prasarana dari jalan itu sendiri. Maka dari itu integrasi perencanaan pembangunan antar stakeholder, antar OPD harus dibagun dengan baik," terangnya.

BACA JUGA:Dinas Pendidikan Kabupaten Pemalang Usul Perbaikan Sekolah ke Pemerintah Pusat

Sementara itu pada acara tersebut, M Sidqon Effendi resmi dikukuhkan sebagai  Ketua bersama Pengurus DPD IKAALL Provinsi Jawa Tengah masa bhakti 2023 - 2027, oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) IKAALL, Haris Muhammadun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: