Akibat Terbakarnya Pasar Alun-alun Kota Tegal, Kerugian Ditaksir Mencapai Rp500 Juta

Akibat Terbakarnya Pasar Alun-alun Kota Tegal, Kerugian Ditaksir Mencapai Rp500 Juta

MEMADAMKAN - Petugas berusaha memadamkan api di salah satu kios yang terbakar.Foto:Meiwan Dani R/jateng.disway.id --

DISWAYJATENG, TEGAL - Sejumlah kios yang ada di Pasar Alun-alun Kota Tegal, terbakar,l. Api yang besar melalap belasan kios pedagang suku cadang kendaraan bekas yang berlokasi di Jalan Tentara Pelajar. Mengakibatkan kerugian yang ditaksir mencapai Rp500 juta. Hal itu sesuai laporan kebencanaan dan kejadian wilayah Kota Tegal.

"Petugas langsung melakukan assesmen serta membantu penanganan kebakaran," terang Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Tegal MohMabrur.

Meskipun tidak ada korban jiwa, dalam laporan tersebut disebut jika seorang petugas pemadam kebakaran mengalami luka berat saat pemadaman terjadi. Dugaan sementara kebakaran dipicu hubungan arus pendek listrik dari salah satu kios yang terbakar.

BACA JUGA:Ketum Kejawen Maneges Daftar Calon Wakil Bupati Tegal

Salah satu pedagang, Masruhin mengatakan pagi itu dirinya mendapatkan laporan ada kebakaran. Selanjutnya, dirinya kemudian mendatangi lokasi untuk mengeceknya.

"Saya ditelepon katanya ada kebakaran, kemudian saya langsung mendatangi lokasi. Ternyata benar, termasuk kios saya yang ikut terbakar," katanya.

Menurut Masruhin, dari pendataan yang dilakukan, sementara ada 12 kios yang terbakar. Dari jumlah itu, ada 4 yang sangat parah.

BACA JUGA:BPS dan SMA 1 Slawi Luncurkan Pojok Literasi Statistik

"Total ada 12 kios yang terbakar, 4 diantaranya parah. Termasuk kios milik saya 3 kios," ujarnya.

Kasatpol PP Kota Tegal Hartoto mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan adanya kebakaran di lokasi sekitar pukul 08.00 WIB. Dia langsung menerjunkan tim untuk melakukan pemadaman di lokasi.

"Saat kita sampai di lokasi sudah ada api yang menyala. Kejadian sekitar pukul 08.00 WIB," ujarnya.

BACA JUGA:KRYO Polres Tegal Dukung Kondusivitas Wilayah

Menurut Hartoto, untuk penyebabnya belum dapat dipastikan menunggu hasil penyelidikan polisi. Untuk memadamkan api pihaknya menerjunkan 3 armada ditambah lagi dari DLH dan Damkar Kabupaten Tegal.

Api berhasil dipadamkan sekitar satu jam kemudian. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: