5 Manfaat Puasa untuk Ibu Hamil dan Tips Sehat Menjalankannya

5 Manfaat Puasa untuk Ibu Hamil dan Tips Sehat Menjalankannya

Manfaat puasa untuk ibu hamil-Nikita.ID-

Puasa yang dilakukan secara tepat dapat membantu ibu hamil menjaga berat badan idealnya. Ketika berpuasa, pola makan menjadi lebih terkontrol karena terdapat batasan waktu untuk makan.

BACA JUGA:Kenalkan dari Dini Manfaat Puasa untuk Anak-anak, Berikut 4 Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

Ini membantu dalam pembakaran lemak karena asupan kalori yang berkurang, yang pada gilirannya menjaga berat badan agar tetap stabil selama kehamilan.

Selain itu, berpuasa juga dapat mengarahkan ibu hamil untuk memilih makanan yang lebih sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, sehingga memberikan nutrisi yang penting bagi kesehatan ibu dan janin.

2. Menurunkan Risiko Diabetes Gestasional

Puasa pada trimester ketiga kehamilan dapat menurunkan risiko diabetes gestasional. Puasa membantu meningkatkan sensitivitas hormon insulin, sehingga kadar gula darah dapat lebih terkontrol. 

Hal ini merupakan langkah penting dalam mencegah komplikasi yang mungkin terjadi selama kehamilan.

3. Menjaga Konsentrasi dan Suasana Hati

Berpuasa juga berdampak positif pada konsentrasi dan suasana hati ibu hamil. Puasa dapat meningkatkan regenerasi dan perkembangan sel-sel di otak, serta mengoptimalkan produksi hormon endorfin yang membuat perasaan bahagia. Sebagai hasilnya, ibu hamil cenderung terhindar dari stres dan gangguan kecemasan.

4. Memelihara Kesehatan Jantung

Puasa dapat membantu menjaga kesehatan jantung ibu hamil dengan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Dengan penurunan kadar kolesterol jahat ini, risiko penyakit jantung pada ibu hamil dapat berkurang secara signifikan.

5. Membantu Proses Detoksifikasi

Selama puasa, tubuh ibu hamil akan memulai proses detoksifikasi, di mana sisa-sisa kotoran dalam tubuh dibuang. Meskipun ibu hamil tidak mendapatkan asupan makanan selama beberapa waktu, proses metabolisme tetap berjalan untuk membersihkan tubuh.

Untuk menjalani puasa selama kehamilan dengan aman dan optimal, berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan:

  1. Pastikan untuk tetap terhidrasi dengan baik dengan meminum air putih dan mengonsumsi buah segar saat sahur dan berbuka.
  2. Pilihlah makanan yang sehat dan bergizi saat sahur dan berbuka, termasuk karbohidrat, protein, lemak sehat, serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil.
  3. Perbanyak konsumsi makanan tinggi serat untuk mencegah sembelit selama kehamilan.
  4. Hindari konsumsi kafein berlebihan serta makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi.
  5. Batasi aktivitas fisik yang berat selama menjalani puasa.
  6. Jika mengalami mual atau gejala dehidrasi, segera batalkan puasa dan konsultasikan dengan dokter.

Itulah beberapa manfaat puasa untuk ibu hamil. Dengan memperhatikan tips-tips tersebut, ibu hamil dapat menjalani puasa dengan aman dan mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: