5 Kebiasaan yang Picu Batu Ginjal, Hindari Kebiasaan Buruk Ini

5 Kebiasaan yang Picu Batu Ginjal, Hindari Kebiasaan Buruk Ini

kebiasaan yang picu batu ginjal, hindari kebiasaan buruk ini-Tangkapan layar Halodoc-

DISWAY JATENG - Kesehatan adalah segalanya bagi tubuh. Batu ginjal merupakan masalah kesehatan yang umum, namun sering kali bisa  dicegah dengan menghindari beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat memicu pembentukan Batu ginjal.

Untuk itulah pola hidup sehat yang kita lakukan harus terus di jaga agar tubuh kita sedini mungkin terhindar dari berbagai penyakit yang selalu mengintai salah satunya batu ginjal.

Batu ginjal terbentuk dari kristal-kristal yang mengendap dalam urin dan bisa menyebabkan rasa sakit yang parah saat melewati saluran kemih.

Dalam artikel ini akan kami ulas mengenai kebiasaan yang picu batu ginjal, hindari kebiasaan buruk ini, mari kita simak dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:5 Alasan Mengapa Bangun di Waktu Imsyak Lebih Baik untuk Kesehatan

BACA JUGA:Jangan Anggap Remeh, Ini 3 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Lambung

Berikut ini 5 kebiasaan yang bisa memicu pembentukan batu ginjal:

1. Diet Tinggi Protein Hewan:

Diet tinggi protein hewan, terutama protein hewani dari daging merah, unggas, dan produk susu, dapat meningkatkan risiko pembentukan Batu ginjal. Protein hewan meningkatkan kadar asam urat dalam urin, yang dapat membentuk kristal-kristal yang menjadi Batu ginjal.

Cobalah untuk mengurangi konsumsi daging merah dan produk hewani, dan pertimbangkan untuk menggantinya dengan sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan kedelai.

2. Kurang Minum Air:

Salah satu faktor risiko utama untuk pembentukan Batu ginjal ialah dehidrasi atau kurang minum air yang cukup. Ketika tubuh kekurangan cairan, kadar urin menjadi lebih pekat, yang meningkatkan risiko pembentukan kristal-kristal yang menjadi Batu ginjal.

Oleh sebab itu, penting untuk minum setidaknya 8 gelas air sehari atau lebih, terutama saat cuaca panas atau saat beraktivitas fisik intens.

3. Kurang Konsumsi Buah dan Sayuran:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: