Ratusan Warga Pala Barat Kabupaten Tegal Ramaikan Jalan Santai dan Pasar Murah Ramadan

Ratusan Warga Pala Barat Kabupaten Tegal Ramaikan Jalan Santai dan Pasar Murah Ramadan

SEMARAK - Pasar murah UMKM yang digelar takmir masjid.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI -  Beragam kegiatan digelar umat muslim untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan1445 H. Seperti dilakukan oleh Takmir Masjid An-Nuur, yang berlokasi di Jalan Pala Barat 1, RT 04, RW 09, Desa Mejasem Barat, Kecamatan Kramat.

Pengurus masjid menggelar jalan santai Ramadan,pPasar sembako murah dan bazar UMKM di halaman masjid. Kegiatan disambut antusias ratusan warga. 

Acara diawali dengan jalan santai pada pukul 06.00. Start dari depan masjid. Para peserta menempuh rute sekitar 2 kilometer melewati lingkungan Desa Mejasem Barat lalu kembali ke masjid.

BACA JUGA:Tarif Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Pemalang Naik Drastis

Selain saling bersilaturahmi, harapannya para peserta akan bugar dan sehat. Sehingga siap menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan semangat dan riang gembira. 

Peserta yang telah mencapai finish langsung bisa menyantap makanan dan minuman yang disediaka. Ratusan nasi ponggol tersebut merupakan donasi dari para jamaah.  

"Semua rangkaian kegiatan ini merupakan aspirasi dari jamaah masjid untuk menyambut bulan suci Ramadhman. Ternyata antusias masyarakat sangat bagus,"  ujar  Ketua Takmir Masjid An-Nuur H Bajari.

BACA JUGA:Kepala UDD PMI Kabupaten Pemalang Raih Gelar FISQua

Tidy kalah menarik adalah pasar murah dan bazar UMKM. Panitia menyediakan paket sembako seharga Rp50.000 berupa 2,5 kilogram beras, 1/2 kilogram telur ayam dan 1 liter minyak goreng. Ada 200 paket sembako yang dijual pada acara tersebut.  

"Kalau harga normalnya Rp65 ribu per paket. Kami memberikan subsidi Rp15 ribu. Ini untuk membantu warga, khususnya para jamaah, guna mencukupi sembako yang saat ini harganya mahal, terutama beras dan elur," cetusnya. 

Selain untuk menyambut Ramadan, kegiatan ini sengaja digelar sebagai hubungan timbal balik dengan jamaah yang sudah banyak membantu pengurus.  

"Ada unsur syiar Islam agar warga semakin giat berjamaah memakmurkan Masjid An-Nuur,"  tegasnya.  

BACA JUGA:Korban Tanah Longsor Kecamatan Watukumpul  Kabupaten Pemalang Dapat Bantuan

Yang menarik dalam rangkaian kegiatan ini adalah ada sejumlah peserta bazar UMKM. Yang mendonasikan sebagian labanya untuk pembangunan Rumah Quran Masjid An-Nuur yang saat ini sedang dalam proses pembangunan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: