Surat Tugas DC Lapangan Pinjol yang Wajib Dibawa Jika Menagih Utang, Usir Apabila Tidak Membawa 4 Dokumen ini

Surat Tugas DC Lapangan Pinjol yang Wajib Dibawa Jika Menagih Utang, Usir Apabila Tidak Membawa 4 Dokumen ini

surat tugas DC lapangan pinjol--

DISWAY JATENG - Anda memiliki tanggungan utang di aplikasi pinjol yang membuat resah dan cemas apabila didatangi DC lapangan pinjol? Tenang saja, kini debt collector bisa diusir apabila tidak memenuhi syarat ini.

DC lapangan pinjol bisa diusir jika tidak membawa membawa beberapa surat penagihan apabila mendatangi rumah. Dengan ini, nasabah bisa lebih tenang dan gak perlu panik apabila debt collector datang ke rumah.

DC lapangan pinjol bisa diusir bukan berarti Anda mengabaikan kewajiban untuk membayar utang. Setiap praktik penagihan saat ini ada aturan yang sudah ditetapkan oleh OJK.

Jadi debt collector pinjol tidak boleh melakukan tindakan yang seenaknya sendiri kepada debitur. Berikut beberapa dokumen yang perlu dibawa oleh DC lapangan pinjol jika ingin mengunjungi rumah debitur galbay.

BACA JUGA: 6 Pinjol Legal Tanpa DC Lapangan Resmi OJK Terbaru 2024, Aman dari Teror atau Ancaman

Surat penagihan yang perlu dibawa DC lapangan pinjol

1. Kartu Identitas

DC Lapangan pinjol bisa diusir nasabah yang pertama, yakni kartu identitas resmi dari debt collector. Apabila pihak penagih datang ke rumah, tanyakan kartu identitas supaya tidak terjadi penyalahgunaan wewenang dari pihak yang tidak bertanggungjawab.

Setelah itu, Anda bisa mencocokkan kartu identitas dari DC lapangan dengan KTP nya. Pastikan identitas tersebut sesuai, agar proses penagihan sesuai dengan aturan.

2. Sertifikat Profesi

Berikutnya surat yang wajib dibawah oleh debt collector yakni surat sertifikasi profesi di bidang penagihan. Surat tersebut berasal dari lembaga sertifikasi profesi layanan pembiayaan yang berizin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

3. Surat Tugas

Dokumen yang diperlukan oleh DC lapangan pinjol dalam hak Anda sebagai debitur wanprestasi menanyakan surat tugas. Surat tugas tersebut biasannya diberikan oleh pihak penyedia layanan pinjaman online dari OJK.

BACA JUGA: 5 Cara Lepas dari Kejaran DC Lapangan Pinjol Jika Terlilit Utang yang Menumpuk, Efektif dan Aman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: