Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar, Efektif dengan 5 Trik ini

Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar, Efektif dengan 5 Trik ini

Cara melunasi utang pinjol tanpa bayar --

4. Buat Rencana Pembayaran

Langkah berikutnya, yakni dengan membuat rencana pembayaran yang realistis. Identifikasi sumber pendapatan tambahan jika diperlukan dan alokasikan sebagian pendapatan untuk melunasi utang pinjol secara teratur.

5. Cek Legalitas Pinjaman Online

Pada saat membutuhkan dana mendesak, kebanyakan debitur selalu terburu-buru menggunakan layanan pinjol. Padahal perlu diperhatikan legalitas aplikasi atau platfrom pinjol tersebut ilegal atau legal.

Jika perusahaan pinjaman online yang digunakan legal, maka kalian wajib melunasi utang karena jika tidak dampaknya akan tidak baik, seperti membuat data kalian di SLIK OJK menjadi jelek dan tentunya menjadi incaran debt collector (DC). 

Sedangkan, bila sudah mengecek dan ternyata perusahaan pinjaman online yang digunakan ilegal, maka kalian bisa terbebas dari utang pinjaman online tanpa bayar sepeserpun. Dengan syarat harus melaporkan perusahaan pinjaman online atau pinjol tersebut ke pihak berwajib seperti OJK atau Satgas Waspada Investasi.

BACA JUGA:Panduan Cara Melunasi Utang Pinjol Agar Tidak Menumpuk, 7 Langkah Ampuh Supaya Lepas dari Jeratan Utang

Jika memang laporan kalian disertai bukti kuat bahwa pinjaman online atau pinjol yang digunakan memang ilegal, maka utang bakal dihapus. Cara melunasi utang pinjol tanpa bayar ini, efektif untuk dicoba karena layanan tersebut tidak ada pengawasan dari OJK.

Seperti diketahui, pinjaman online atau pinjol ilegal beroperasi tanpa mengikuti aturan yang sebagaimana mestinya yang sudah ditentukan oleh OJK. Mulai dari minimal suku bunga, kejelasan identitas perusahaan, cara penagihan, dan lain sebagainya.

Demikian beberapa informasi mengenai cara melunasi utang pinjol tanpa bayar sepeser pun yang harus kalian perhatikan dan ketahui. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: