5 Cara Ampuh Melunasi Utang Pinjol Terbaru 2024, Auto Lepas dari Beban Tagihan

5 Cara Ampuh Melunasi Utang Pinjol Terbaru 2024, Auto Lepas dari Beban Tagihan

cara ampuh melunasi utang pinjol--foto dolpheen indonesia

3. Melakukan Gaya Hidup Hemat

Cara selanjutnya yang dapat kalian terapkan adalah melakukan gaya hidup hemat. Setelah menerapkan keseluruhan langkah-langkah di atas, kalian perlu melakukan upaya yang lebih besar, yaitu menjalankan gaya hidup hemat.

Kalian bisa mulai menerapkannya dengan menghindari bentuk pinjaman lainnya. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memotong biaya nongkrong, belanja, maupun anggaran lainnya yang tidak terlalu penting.

Dengan demikian selain utang pinjol terlunasi, kalian pun akan memiliki kondisi keuangan yang lebih sehat dan stabil.

4. Menyisihkan Tabungan

Cara lainnya yang dapat digunakan untuk melunasi pinjol adalah dengan menyisihkan tabungan. Menyisihkan tabungan sebelum pembayaran merupakan salah satu cara cepat untuk melunasi utang pinjaman online.

Pasalnya, kalian bisa tetap aman dan tenang secara finansial apabila tiba-tiba muncul keadaan yang mengharuskan untuk mengeluarkan biaya tambahan.

Salah satu alasan adanya tabungan adalah untuk melindungi kalian dari skenario terburuk, seperti kehilangan pekerjaan, keadaan darurat medis, atau renovasi rumah. Namun, pastikan untuk tidak terlalu sering mengambil dana dari tabungan. Hal tersebut hanya akan membuat kalian semakin rentan terhadap krisis finansial.

BACA JUGA:Ingin Lepas dari Jeratan Pinjol? Inilah 8 Cara Efektif Melunasi Utang Pinjol dengan Lebih Cepat

5. Menggunakan Uang Ekstra untuk Melunasi Pinjaman

Saat kalian memiliki kesempatan untuk mendapatkan uang tambahan, jangan mudah tergoda untuk menggunakan dana tersebut.

Mengapa demikian? Karena kalian bisa menggunakannya untuk bayar pinjaman online supaya cepat terlunasi. Hal tersebut juga perlu dilakukan karena termasuk ke dalam salah satu bentuk tanggung jawab secara finansial. Inisiatif ini pun pada akhirnya dapat menyelamatkan kalian dari beban biaya bunga pinjol yang tinggi.

Nah, sejatinya ada banyak bentuk uang ekstra yang bisa kalian dapatkan. Misalnya seperti warisan, uang hadiah lotre, ulang tahun, angpao, bonus kerja dan lainnya.

Itulah beberapa langkah cerdas yang dapat kalian coba supaya lepas dari beban tagihan pinjaman online. Demikian informasi seputar 5 cara ampuh melunasi utang pinjol yang dapat kalian lakukan. Semoga bermanfaat. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: