Sulit Dibedakan dengan yang Legal, ini 4 Ciri Aplikasi Pinjol Ilegal yang Jarang Disadari Penggunanya

Sulit Dibedakan dengan yang Legal, ini 4 Ciri Aplikasi Pinjol Ilegal yang Jarang Disadari Penggunanya

Ciri aplikasi pinjol ilegal yang sulit dibedakan dengan platfrom legal--

DISWAY JATENG - Berikut ciri aplikasi pinjol ilegal dengan legal yang jarang diketahui oleh calon debitur. Saat ini pinjaman online menjadi alternatif kebutuhan dana mendesak yang digunakan sebagian masyarakat.

Tetapi munculnya platfrom ilegal, tak jarang ada orang yang tidak bisa membedakan mana yang legal dan ilegal. Karena itu, Anda perlu tahu ciri aplikasi pinjol ilegal yang sering tidak disadari oleh banyak orang.

Tentu saja, jika menggunakan platfrom ilegal tidak ada pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bisa merugikan debitur. Dengan memahami ciri aplikasi pinjol ilegal dengan baik dapat menghindari dari berbagai risiko yang merugikan di kemudian hari.

Di beberapa kasus, masyarakat sulit membedakan ciri aplikasi pinjol ilegal karena platfrom tersebut hampir mirip dengan yang legal. Simak dan pahami dengan baik beberapa ciri-ciri pinjaman online ilegal yang sering diabaikan oleh banyak pengguna.

BACA JUGA: Tanpa Bayar Bisa Hangus, Begini Cara Melunasi Utang Pinjol Paling Efektif untuk Dicoba

Dengan mengenali beberapa tanda di bawah ini menjadi langkah yang tepat untuk melindungi nasabah dari risiko kerugian mendatang. Berikut beberapa ciri aplikasi pinjol ilegal yang jarang diketahui, antara lain:

1. Alamat Kantor Fisik dan Kontak yang Tidak Jelas

Ciri aplikasi pinjol ilegal yang jarang diketahui pertama, yaitu alamat kantor fisik dan kontak yang tidak jelas. Berbeda dengan platfrom legal biasanya memiliki alamat fisik dan kontak jelas dan dapat dihubungi.

Pinjaman online ilegal mungkin hanya akan memberikan informasi kontak online dan tidak menyertakan kantor fisik. Sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya periksa dengan teliti informasi ini sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

2. Bunga dan Biaya Administrasi Tidak Wajar

Pinjol ilegal memiliki bunga dan biaya administrasi yang tidak wajar. Selain itu, apabila Anda mendapatkan tawaran pinjaman yang menguntungkan sebaiknya jangan mudah percaya.

BACA JUGA: Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Membayar Sepeserpun, Begini Langkah Cerdasnya

Bunga yang tinggi dan biaya tidak jelas dapat menjadi tanda bahwa platfrom pinjol tersebut ilegal. Hal ini penting diwaspadai jika Anda ingin mengajukan pinjaman online.

3. Pengajuan Tidak Transparan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: