Tak Perlu Bingung, Inilah 7 Cara Melunasi Utang yang Efektif Terbaru 2024, Solusi Cepat dan Cermat

Tak Perlu Bingung, Inilah 7 Cara Melunasi Utang yang Efektif Terbaru 2024, Solusi Cepat dan Cermat

cara melunasi utang secara efektif--foto prakerja.co.id

Cara melunasi utang ini bisa membantu kalian merencanakan atau memilih beban utang mana saja yang jadi prioritas utama untuk dilunasi agar kondisi keuangan kalian kembali stabil dan bisa menjalani hari-hari lebih nyaman.

BACA JUGA:Belum Punya Uang untuk Melunasi Utang Pinjol? Ikuti 6 Langkah Cerdas ini Dijamin Efektif

5. Mulai bayar dengan skala prioritas

Kalian bisa mengatur skala prioritas dari perhitungan tenor serta besaran total dari beban utang yang kalian miliki. Pastikan untuk membayar secara maksimal utang yang masuk ke dalam skala prioritas tersebut. Sedangkan untuk utang yang berada di luar skala prioritas bukan berarti kalian tidak membayarnya terlebih dahulu.

Kalian perlu tetap membayar utang di luar prioritas dengan cara pembayaran minimum. Cara melunasi utang ini bisa dilakukan jika memang utang prioritas tersebut memiliki beban nilai yang besar serta punya jangka waktu sebentar, sehingga satu per satu utang kalian bisa dilunasi secara efektif tanpa hadirnya beban lain.

6. Take over kredit

Jika kalian merasa bahwa cicilan kendaraan jadi salah satu beban utang yang menyulitkan dalam melunasi utang, bahkan setelah menjalani berbagai cara, mungkin kalian bisa melakukan take over kredit. Take over kredit merupakan salah satu cara melunasi utang. Kalian bisa menjual kembali kendaraan yang masih memiliki cicilan untuk dilanjutkan kepada pihak pembeli kendaraan nantinya. Selain itu, kalian pun akan memiliki kemungkinan untuk mendapatkan dana segar tambahan sebagai salah satu solusi dari cara melunasi utang tersebut.

BACA JUGA:Terjerat Pinjol? Begini Cara Efektif Melunasi Utang Pinjol yang Terlanjur Menumpuk Terbaru 2024

7. Jangan kembali berutang

Sangat tidak dianjurkan untuk membayar utang dengan cara kembali berutang. Alangkah lebih baiknya kalian menyelesaikan segala beban utang yang dimiliki hingga lunas.

Agar kalian tidak lagi mengalami kondisi kesulitan dalam melunasi utang, ada baiknya kalian untuk mengubah gaya hidup yang kalian miliki. Minimalisasi keberadaan utang untuk kebutuhan yang esensial, seperti kepemilikan rumah atau kendaraan. Untuk keperluan yang bersifat non esensial seperti liburan atau belanja gadget, akan lebih baik jika kalian menyiapkan tabungan terpisah demi memenuhi keinginan tersebut.

Demikian beberapa informasi mengenai cara melunasi utang yang efektif yang dapat kalian lakukan demi mengembalikan kestabilan finansial. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: