Terjerat Pinjol? Begini Cara Efektif Melunasi Utang Pinjol yang Terlanjur Menumpuk Terbaru 2024

Terjerat Pinjol? Begini Cara Efektif Melunasi Utang Pinjol yang Terlanjur Menumpuk Terbaru 2024

cara melunasi utang yang terlanjur menumpuk--foto x com

DISWAY JATENG - Saat ini pinjaman online merupakan jalan ninja untuk mendapatkan dana segar. Hanya saja, tak sedikit yang terjerat dan idak tahu cara melunasi utang pinjol.

Salah satu alasannya karena terkadang orang-orang memiliki lebih dari 1 pinjaman di waktu bersamaan dengan bunga yang tinggi. Sementara penghasilan nasabah tidak mencukupi, sehingga bingung melunasi utang pinjol mereka.

Walaupun OJK sudah mengatur suku bunga maksimal untuk pinjol legal, namun debitur kerap terjerat dalam pinjaman online. Berbagai upaya dilakukan untuk mencari cara melunasi utang pinjol yang menumpuk. 

Wajib dicari solusi yang tidak terlalu memberatkan bagi nasabah untuk melunasi utang pinjol yang terlanjur menumpuk. Mari kita bahas lebih lengkap apa saja yang bisa dilakukan.

Berikut Solusi Cara Melunasi Utang Pinjol yang Terlanjur Menumpuk. Simak sampai selesai ya. 

BACA JUGA:Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa bayar, Lakukan 6 Langkah Cerdas Ini Dijamin Efektif

1. Urutkan Utang kalian, Mulai Dari Utang Dengan Pokok Kredit Terbesar

Catat secara lengkap dan detail kemana saja dan berapa saja jumlah utang pinjol kalian. Dari situ, buat daftar berdasarkan prioritas pelunasan. Tutup utang pertama yang memiliki bunga tertinggi, dengan begini kalian tidak perlu menyisihkan uang hanya untuk menutup bunga besar tersebut.

Selanjutnya juga urutkan utang dari yang paling mendekati jatuh tempo. Tujuannya agar bunga tidak menumpuk ketika kalian membayar utang tersebut. Daftar yang kalian buat inilah yang bisa dijadikan panduan untuk menentukan utang pinjol yang mana yang pertama harus dibayarkan dan berlanjut hingga semua utang berhasil diselesaikan.

2. Tunjukkan Itikad Baik Pada Pemberi Utang

Hal ini merupakan hal sederhana yang dapat menjadi penentu ke depannya. Tunjukkan niat baik untuk membayar dengan tidak lari dari penagihan seperti mengganti nomor telepon atau memblokir nomor telpon pinjol tersebut.

Apabila kalian dihubungi oleh pinjol, sampaikan bahwa kalian berniat untuk membayar. Sampaikan juga kondisi keuangannya dan bagaimana rencananya untuk membayar tunggakan tersebut.

Hal ini akan menjadi catatan bagi pinjol dan kalian kemungkinan besar akan diperlakukan dengan lebih baik atau bahkan ditawari solusi alternatif pembayaran. Seperti restrukturisasi pinjaman, misalnya.

3. Jangan Menambah Utang Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: