Tak Perlu Bingung, Inilah 7 Cara Melunasi Utang yang Efektif Terbaru 2024, Solusi Cepat dan Cermat

Tak Perlu Bingung, Inilah 7 Cara Melunasi Utang yang Efektif Terbaru 2024, Solusi Cepat dan Cermat

cara melunasi utang secara efektif--foto prakerja.co.id

DISWAY JATENG - Dengan kondisi finansial yang semakin tidak pasti di masa sekarang seperti ini, mau tidak mau kalian perlu kembali melakukan evaluasi terhadap cara melunasi utang yang efektif atas tagihan yang Anda miliki saat ini.

Menemukan cara melunasi utang yang efektif dan sesuai bisa memberi keringanan terhadap beban finansial yang perlu kalian hadapi sembari mengelola uang dengan baik di masa sekarang ini.

Ketelitian merupakan hal penting yang perlu kalian tanamkan sebagai salah satu modal cara melunasi utang yang efektif. Pasalnya, kalian membutuhkan perhitungan yang matang agar kalian bisa menemukan cara melunasi utang dengan baik tanpa harus mengorbankan kebutuhan kalian sehari-hari.

Secara umum, akan sangat wajar jika kalian memiliki beban utang tidak melebihi dari 30% dari pendapatan. Namun ada kalanya kalian merasa mampu untuk memiliki utang di atas persentase tersebut. Berikut cara melunasi utang yang efektif.

BACA JUGA:8 Cara Cerdas untuk Melunasi Utang Pinjol Terbaru 2024, Lakukan Langkah Berikut Ini

1. Cari penghasilan tambahan

Mencari penghasilan tambahan juga merupakan salah satu cara melunasi utang yang efektif untuk kalian lakukan agar dapat segera menyelesaikan beban utang yang kalian miliki. Dengan memiliki penghasilan tambahan, kalian akan lebih leluasa mengatur keuangan untuk membagi dalam melunasi utang serta kebutuhan sehari-hari.

2. Menjual barang yang tidak terpakai

Jika dirasa penghasilan kalian masih kurang memenuhi dalam membayar utang yang dimiliki, kalian bisa untuk menjual barang-barang yang tidak terpakai sebagai salah satu cara melunasi utang yang efektif. Barang-barang yang tidak terpakai ini biasanya masuk ke dalam kategori barang substitusi atau barang komplementer kalian sehari-hari.

3. Perkuat niat dan tekad

Setelah kalian selesai membuat daftar utang yang kalian miliki, cara melunasi utang selanjutnya adalah untuk beristirahat sejenak sekaligus memperkuat niat dan tekad. Mungkin setelah mengetahui total beban utang yang kalian miliki saat ini bisa saja kalian merasa cemas dan takut tidak bisa melunasi segala macam tagihan yang dimiliki tepat waktu.

4. Buatlah rekapitulasi utang

Kalian perlu membuat rincian daftar atau rekapitulasi utang kalian terlebih dahulu. Cara melunasi utang ini merupakan langkah penting untuk dilakukan agar kalian bisa menemukan skema terbaik dan kembali menghadirkan kestabilan finansial dengan melunasi utang.

Buatlah daftar utang, mulai dari cicilan rumah, cicilan kendaraan, cicilan kartu kredit, serta cicilan pinjaman lainnya yang kalian miliki saat ini. Beri informasi secara rinci terkait jumlah total serta cicilan per bulannya. Selanjutnya kalkulasikan dengan pendapatan yang kalian punya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: