Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Lansia di Kabupaten Pemalang lewat BKL

Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Lansia di Kabupaten Pemalang lewat BKL

SENAM - Lansia mengikuti senam untuk menjaga kebugaran tubuh.Foto:Siti Maftukhah/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Sebanyak 82 warga terdiri dari pralansia dan lansia. Mengikuti kegiatan Bina Keluarga lansia (BKL) di Dukuh Clapar, Desa Karanganyar, Kecamatan Bantarbolang. Kegiatan tersebut untuk tingkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi lansia

Kader BKL Desa Karanganyar Kusniah mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh pralansia sebanyak 32 orang dan lansia 50 orang. Mereka aktif melakukan kegiatan lansia, yaitu sebelum menerima atau melakukan cek kesehatan. Dari ukur berat badan, cek tensi, kolesterol dan gula darah, terlebih dahulu melakukan senam lansia.

BACA JUGA:KSU Semesta Kabupaten Pemalang Kembangkan Usaha Ternak Kambing

"Mereka juga menerima pemberian makanan tambahan untuk bantu penuhi kebutuhan gizi," katanya.

Kukuh Raharso, penyuluh KB kecamatan Bantarbolang menjelaskan, usia lanjut adalah suatu proses yang pasti akan dialami oleh setiap orang. Yang dikaruniai umur panjang, kejadiannya tidak bisa dihindari oleh siapa pun. 

Pada lansia akan mengalami perubahan biologi, fisik, kejiwaan, dan sosial. Perubahan ini akan memberikan pengaruh pada seluruh aspek kehidupan. Oleh karena itu kesehatan manusia lanjut usia, perlu mendapatkan perhatian khusus, dengan tetap dipelihara dan ditingkatkan. 

BACA JUGA:Bupati Pemalang Mansur Hidayat akan Jadi Komando Utama Percepatan HPV

BKL ini dengan tujuan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan bagi keluarga. Yang mempunyai orang tua atau lanjut usia. Sehingga seluruh keluarga harus dapat memberikan suasana yang tentram dan nyaman tetapi juga dinamis. 

Agar lansia yang tinggal di rumah dapat menikmati sisa hidupnya secara produktif dan bahagia serta untuk meningkatkan pengetahuan. 

BACA JUGA:Lomba Dansa di Kabupaten Pemalang untuk Kembangkan Kreativitas Masyarakat

"Keterampilan keluarga yang memiliki lanjut usia dalam pola perawatan, pengasuhan dan pemberdayaan kaum lansia agar kesejahteraan bisa meningkat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: