Ingin Melunasi Utang Pinjol Tapi Tidak Punya Uang? Berikut Solusi Agar Bisa Membayarnya dengan Cepat

Ingin Melunasi Utang Pinjol Tapi Tidak Punya Uang? Berikut Solusi Agar Bisa Membayarnya dengan Cepat

cara melunasi hutang dengan cepat--foto sobat pajak

Cara melunasi utang dengan cepat

1. Menghitung dan mencatat aset yang dimiliki

Cara melunasi utang dengan cepat adalah dengan menghitung serta mencatat aset yang kalian miliki. Dengan menghitung aset, kalian bisa memperkirakan seberapa besar hutang yang bisa dibayar.

Misalkan, kalian memiliki utang yang perlu dibayar di bulan Januari, Februari, dan Maret. Namun, setelah menghitung aset saat ini, kalian hanya memiliki aset untuk membayar di bulan Januari. Maka, bayarlah utang tersebut dan dapatkan penghasilan tambahan untuk membayar utang bulan Februari dan Maret.

2. Menetapkan skala prioritas pembayaran utang

Cara cepat melunasi utang berikutnya adalah menetapkan skala prioritas pembayaran utang. Setelah membuat daftar hutang, kalian bisa membuat skala prioritas berdasarkan yang paling genting untuk dibayar.

BACA JUGA: 8 Cara Ampuh Keluar dari Jeratan Pinjol Terbaru 2024, Solusi Efektif Lunasi Hutang

Jika cara tersebut kurang sesuai, kalian bisa membayar utang yang paling kecil terlebih dulu. Baru kemudian mengangsur utang yang paling besar.

3. Disiplin untuk membayar angsuran utang tepat waktu

Cara melunasi utang dengan cepat yang selanjutnya adalah membayar angsuran utang secara disiplin dan tepat waktu. Jangan sampai menunda pembayaran utang. Karena, umumnya utang memiliki bunga dan jika tidak dibayar maka bunga tersebut akan semakin besar dan sulit untuk dilunasi.

4. Pikirkan dua kali atau lebih sebelum kembali berhutang

Cara melunasi utang dengan cepat yang satu ini adalah dengan memikirkan dua kali atau lebih saat kalian ingin kembali membuat utang yang baru. Kalian sudah memiliki utang yang menumpuk dan perlu segera dilunasi. Jangan sampai untuk membuat utang yang baru. Apalagi untuk hal keinginan yang kurang penting.

5. Jangan menyelesaikan utang dengan berhutang ke tempat lain

Cara cepat melunasi utang segunung yang selanjutnya adalah tidak melunasi utang dengan membuat utang ke orang lain. Menutup lubang dengan menggali lubang baru bukanlah cara yang tepat. Karena hal tersebut hanya akan membuat kalian semakin terlilit utang dan kesulitan untuk membayarnya.

BACA JUGA: Belum Punya Uang untuk Melunasi Utang Pinjol? Ikuti 6 Langkah Cerdas ini Dijamin Efektif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: