4 Makanan untuk Atasi Masalah Anemia, Aman untuk Menambah Darah

4 Makanan untuk Atasi Masalah Anemia, Aman untuk Menambah Darah

4 Makanan untuk Atasi Masalah Anemia, Aman untuk Menambah Darah --

DISWAY JATENG – Kamu tentu pernah mendengar istilah anemia, bukan? anemia merupakan kondisi di mana tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah. Nah cara untuk atasi masalah anemia adalah dengan mengonsumsi makanan penambah darah. 

Ada berbagai jenis makanan penambah darah yang bisa bantu kamu atasi masalah anemia. Mulai sayuran hijau, daging, hingga biji-bijian. 

Jika kamu penasaran makanan apa saja yang bisa bantu untuk atasi masalah anemia, simak penjelasannya di bawah ini ya!

BACA JUGA:Suplemen Penambah Darah Solusi Ampuh untuk Penderita Anemia

Makanan untuk atasi masalah anemia

Zat besi merupakan makan penting untuk pembentukan darah, jika kurangnya asupan zat besi dalam tubuh maka akan memengaruhi seseorang untuk mengalami anemia. 

Tapi kamu tidak usah khawatir, karena hal ini bisa di cegah dan diatasi dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan penambah darah yang kaya akan nutrisi, mineral dan vitamin seperti berikut ini :

1.Makanan tinggi asam folat 

Makanan pertama yang bisa bantu kamu atasi masalah anemia adalah dengan meningkatkan produksi sel darah marah dalam tubuh. Di mana jika kekurangan asam folat dapat mengakibatkan anemia megaloblastik. 

Asam folat bisa kamu temukan pada jenis sayuran hijau serta kacang-kacangan seperti brokoli, bayam, kacang polong, serta kacang merah. Agar memperoleh nutrisi secara optimal kamu disaankan untuk memasaknya denganc ara dikukus ataupun ditumis. 

2. Makanan zat besi 

Makanan penambah darah selanjutnya adalah yang bersumber dari hewani, seperti daging merah, ayam, makanan laut serta jeroan. Kamu perlu tahu juga bahwa makanan tersebut mengandung jenis lemak yang bisa meningkatkan kolestrol jahat apabila dikonsumsi secara berlebihan. 

Untuk itu, sebelum mengolah daging kamu disarankan untuk membuang lemaknya terlebih dahulu agar meminimalisir risiko peningkatan kolestrol. Akan lebih baik lagi jika kamu mengonsumsinya tanpa minyak, seperti di panggang ataupun di rebus. 

Kamu juga perlu mengimbangi asupan makanan tesebut dengan sayuran hijau seperti bayam dan sawi hijau untuk tambahan zat besi dan sumber nabati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: