Berikut 4 Langkah yang Harus Kamu Lakukan saat DC Pinjol Lapangan Datang ke Rumah, Jangan Panik Duluan!

Berikut 4 Langkah yang Harus Kamu Lakukan saat DC Pinjol Lapangan Datang ke Rumah, Jangan Panik Duluan!

cara menghadapi dc pinjol datang ke rumah-Bisnis Ascomaxx-

Perusahaan penagih utang juga memerlukan surat keterangan penagihan utang (SP3). Jadi, kamu harus menanyakan semuanya dan membaca dengan teliti berkasnya, tetapi jika DC tidak memiliki berkas tersebut pada saat penagihan, jangan khawatir dan abaikan saja.

3. Surat Permintaan DC Harus Berisi Informasi Tertentu

Tahukah kamu bahwa Instagram resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) (@ojkindonesia) menyatakan bahwa [ada beberapa hal yang harus diperhatikan nasabah saat penagihan utang oleh debt collector].

BACA JUGA: 8 Daftar Pinjol Tanpa BI Cheking 2024 yang Aman. Pasti Cair dengan Cepat dan Tenor Panjang

Hal ini karena menurut POJK No. 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi, jika peminjam gagal bayar, penyelenggara pinjol wajib menerbitkan surat peringatan.

Selain itu juga melakukan penagihan kepada peminjam, minimal sesuai dengan ketentuan perjanjian pembiayaan antara penyelenggara dan peminjam. Surat peringatan wajib akan berisi, setidaknya, informasi berikut

  1. Jumlah hari hutang telah lewat jatuh tempo
  2. Status akhir dari jumlah total dana yang belum dibayar atau pokok utang yang belum dibayar
  3. Denda yang harus dibayarkan

4. Jelaskan Situasi Keuangan dan Kendala yang Dihadapi

Langkah selanjutnya ketika DC Pinjol datang ke rumah kamu adalah menjelaskan dengan jujur, tenang dan sopan situasi keuangan kamu dan kendala yang kamu hadapi.

BACA JUGA: 7 Cara Bebas dari Utang Pinjol Tanpa Bayar, Nasabah Galbay Auto Tenang

Kamu harus menyampaikan hal ini agar penagih hutang dapat menawarkan bantuan dan solusi serta memahami alasan keterlambatan pembayaran hutang kamu.

Selain itu, jika ada kesepakatan untuk membayar utang, kamu sebagai nasabah harus menunjukkan kesediaan kamu untuk bekerja sama dan membayar utang dalam jangka waktu yang telah disepakati.

Demikianlah ulasan mengenai cara menghadapi penagih hutang DC pinjol datang ke rumah. Saat menghadapi penagih utang, kuncinya adalah tenang. Semua masalah pasti ada jalan keluarnya. Semoga ini bermanfaat bagi kamu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: