Wujudkan Sekretariat Bersama Pegiat Lingkungan Hidup di Kabupaten Tegal

Wujudkan Sekretariat Bersama Pegiat Lingkungan Hidup di Kabupaten Tegal

TINJAU - Sekda Amir Machmud meninjau sekretariat bersama pegiat lingkungan hidup.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Terobosan baru diwujudkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal tahun 2024. Keberadaan Taman Bungah yang berlokasi tak jauh dari Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa). Digunakan sekretariat untuk para pegiat lingkungan hidup yang ada di Kabupaten Tegal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal Muchtar Mawardi didampingi Kabid Penataan Lingkugan Hidup Taroyo menyatakan, sekretariat ini ke depan berfungsi sebagai tempat berkumpul, diskusi showroom, pelatihan  dan berbagai aktifitas perlindungan. Serta  pengelolaan lingkungan hidup. 

BACA JUGA:Beredar, Foto Bupati Pemalang Mansur Hidayat dan dr Kun Sriwibowo

"Hari ini berkenan Sekda Amir Machmud meresmikan keberadaan sekretariat," ujarnya.

Kegiatan perdana diisi dengan ngeteh bareng dan diskusi santai antara pegiat lingkungan hidup dengan sekda. Bahasan yang diangkat soal solusi berbagai isu lingkungan hidup, seperti krisis air, sampah dan limbah, alih fungsi lahan, risiko bencana dan adaptasi perubahan iklim. 

Kegiatan juga diisi dengan ijolan sampah plastik karo tanduran. Pihaknya menyediakan 150 bibit tanaman, seperti mangga, jambu kristal, belimbing, petai, tabebuya, dan ketapang kencana. 

BACA JUGA:Mahasiswa dan Kodim 0711 Pemalang Bersihkan Lingkungan

“Setiap penukaran sampah plastik oleh masyarakat akan diberi mininal 1 batang tanaman,” bebernya. 

Selain untuk mengatasi permasalahan sampah plastik, juga sebagai upaya untuk mendorong kegiatan  penanaman pohon.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Tegal  Amir Machmud dalam kesempatan ini berpesan agar aset pemda berupa kios di  Taman Bungah sebagai sekretariat bersama pegiat lingkungan hidup. 

BACA JUGA:PPKBD Bantarbolang Kabupaten Pemalang Adakan Pertemuan Rutin untuk Tingkatkan SDM

Harapannya,  agar peran pegiat lingkungan hidup lebih optimal dalam membantu pemda mengatasi berbagai masalah lingkungan hidup. 

“Sekaligus titip agar Taman Bungah bisa lebih dijaga dan ke depan lebih fungsional untuk berbagai kegiatan masyarakat," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: