Ketahui Risiko Tidak Bayar Tagihan Akulaku, Apakah Dikejar DC Lapangan? Simak Penjelasannya

Ketahui Risiko Tidak Bayar Tagihan Akulaku, Apakah Dikejar DC Lapangan? Simak Penjelasannya

risiko tidak bayar tagihan akulaku--foto gadai bpkb mobil

BACA JUGA:Simple! Cara dan Syarat Kredit HP di Akulaku Tanpa DP dan Survei, Proses Pencairannya Auto Cepat

3. Berurusan Dengan Hukum

Jika jumlah pinjaman kalian sangat besar dan tetap tidak membayar tagihan Akulaku maka bisa berujung dijalur hukum. Kasus ini memang jarang terjadi. Namun tidak menutup kemungkinan pihak Akulaku akan mengambil langkah ini apabila debetur tetap tidak mau membayar tagihan.

Apabila sudah berurusan dengan jalur hukum tentu menjadi masalah yang sangat berat. Agar terhindar dari hal tersebut maka kalian harus membayar semua tagihan Akulaku secara tepat waktu sebelum tanggal jatuh tempo. Apabila belum mampu bayar maka tidak apa-apa telat, asalkan mampu membayar denda.

4. Denda Keterlambatan

Risiko yang selanjutnya yaitu harus membayar denda keterlambatan. Hampir semua perusahaan pembiayaan memiliki peraturan ini. Denda tersebut akan dihitung berdasarkan waktu keterlambatan. Semakin lama telat bayar tagihan Akulaku maka dendanya akan semakin besar.

Besaran denda Akulaku tergantung dari jenis pinjaman yang diajukan. Sebagai contoh apabila membeli handphone di Akulaku dengan cicilan maka akan mendapatkan denda 2% jika telat membayar cicilan pada hari ke tujuh. Namun apabila telat 1-6 hari maka tidak akan dikenakan denda.

Denda Akulaku bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak Akulaku. Untuk mengetahui besaran denda kalian bisa melihatnya pada rincian penagihan di aplikasi Akulaku.

BACA JUGA:Apakah DC Lapangan Pinjol Akulaku Ada dan Nagih ke Rumah? Ketahui Risikonya Jika Nasabah Galbay

5. Credit Score Menurun

Lancar atau tidaknya membayar tagihan Akulaku akan berpengaruh terhadap kredit skor pinjaman. Apabila sering telat membayar maka skor pinjaman akan menurun dan mengakibatkan kalian kesulitan apabila ingin mengajukan pinjaman dikemudian hari.

Ada tiga level skor pinjaman yang ditentukan oleh Akulaku, yakni Fair, Good, dan Very Good. Jika level pinjaman kalian berada pada posisi Fair maka berarti skor pinjaman kalian sangat rendah. Seharusnya skor pinjaman di level Good atau Very Good agar nantinya bisa dengan mudah mengajukan pinjaman lagi.

Demikian beberapa informasi mengenai risiko tidak membayar tagihan Akulaku, apakah di kejar DC lapangan pinjol? Demikian informasinya yang harus kalian ketahui. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: