Cegah Panggilan DC Lapangan Pinjol dengan Aplikasi TrueCaller, Begini Penjelasannya

Cegah Panggilan DC Lapangan Pinjol dengan Aplikasi TrueCaller, Begini Penjelasannya

Hentikan panggilan DC lapangan pinjol dengan truecaller-Trax FM-

DISWAYJATENG – Mencegah panggilan DC lapangan pinjol merupakan hal yang perlu diantisipasi dengan baik. Perlu diketahui bahwa pinjaman online, yang dikenal dengan sebutan pinjol, mulai populer di Indonesia pada tahun 2016. Pada awalnya, pinjaman online lebih banyak dimanfaatkan oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mendukung kegiatan bisnis mereka.

Berbicara tentang pinjol, maka tak asing lagi dengan keberadaan DC lapangan. Panggilan DC lapangan pinjol bisa meneror nasabah kapan saja dan dimana saja dengan dalih nasabah galbay atau telat bayar. Dengan begitu, sebagai nasabah dan pengguna pinjol wajib mengetahui bagaimana cara mencegah panggilan DC lapangan pinjol. 

Panggilan DC lapangan pinjol tentunya meresahkan nasabah dan pengguna. Keberadaan DC lapangan pinjol bisa saja membuat nasabah tertekan, apalagi saat mengalami telat atau gagal bayar.

Untuk mencegah panggilan DC lapangan pinjol, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya menggunakan aplikasi TrueCaller untuk mengidentifikasi nomor yang masuk ke handpone pengguna.

Nah, sebelum memahami aplikasi TrueCaller lebih lanjut, simak dahulu uraian informasi mengenai DC lapangan pinjol.

BACA JUGA:Lindungi Data Diri Anda, Ini 3 Lembaga untuk Melaporkan Penipuan Pinjol Ilegal

 

Bahaya Teror dari Debt Collector

Salah satu risiko utama dari penggunaan layanan pinjol adalah ancaman teror dari debt collector apabila peminjam gagal membayar tepat waktu. Banyak debitur yang mengeluhkan pengalaman diteror oleh debt collector, yang bahkan bisa menyebabkan stres dan ketakutan. Tidak jarang, nomor telepon pribadi debitur tersebar dan mereka mulai menerima panggilan DC lapangan pinjol dengan nomor tidak dikenal.

 

Menghadapi Modus Penipuan via Telepon

Modus penipuan melalui telepon juga menjadi salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh masyarakat. Untuk menghadapi situasi ini, ada beberapa tips yang bisa diikuti.

Pertama, jangan biarkan penelpon berbicara terlalu lama. Cobalah untuk segera menangkap inti dari pembicaraan mereka. Jika penelpon terlihat mencurigakan, segera putus sambungan telepon atau katakan bahwa pembicaraan sedang direkam. Jika ancaman terasa sangat menakutkan, gunakan aplikasi seperti TrueCaller untuk mengidentifikasi nomor penipu.

BACA JUGA:Ciri Penipuan Pinjol Ilegal, Salah Satunya Transfer Uang ke Korban

 

Penggunaan TrueCaller untuk Identifikasi Panggilan DC Lapangan Pinjol

TrueCaller adalah aplikasi yang sangat berguna untuk mengidentifikasi dan memblokir panggilan yang tidak diinginkan, termasuk panggilan DC lapangan pinjol. Aplikasi ini bekerja dengan mencocokkan nama dan nomor telepon dari berbagai sumber, termasuk direktori telepon global dan jejaring sosial.

TrueCaller juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi spam, yang dapat menyelamatkan pengguna dari gangguan penelepon yang tidak diinginkan.

Selain mengidentifikasi nomor-nomor anonim, TrueCaller memungkinkan pengguna untuk menambahkan nomor tertentu ke dalam daftar hitam sebagai spam. Pengguna bisa memilih untuk diberitahu atau tidak diberitahu sama sekali ketika nomor dalam daftar spam tersebut menelepon. Jika pengguna memilih opsi tidak diberitahu, penelepon akan mendengar nada sibuk, sementara pengguna tidak akan mendengar apa-apa.

BACA JUGA:Kenali 5 Dampak Buruk Pinjol Ilegal, Hindari dari Sekarang Agar Tidak Terjadi Hal yang Merugikan

 

Cara Kerja TrueCaller

Menurut situs resmi TrueCaller, aplikasi ini mengumpulkan nama melalui kemitraan dengan berbagai penyedia direktori telepon di seluruh dunia, jejaring sosial, dan masukan dari komunitas TrueCaller. Pengguna yang mendaftar ke aplikasi ini akan diminta untuk memberikan izin agar TrueCaller dapat mengakses dan mengunduh semua kontak yang terhubung dengan akun mereka.

Semua data yang diperoleh kemudian dikumpulkan dan diolah menggunakan algoritma tertentu, yang sering disebut sebagai crowdsourcing. Algoritma ini mengolah data menggunakan kecerdasan buatan dan teknologi prediksi untuk mencocokkan nama dan nomor telepon.

 

Tantangan Akurasi Data TrueCaller

Namun, ada beberapa masalah terkait akurasi data yang dihasilkan oleh TrueCaller. Banyak pengguna menemukan bahwa nama yang muncul ketika mereka mencari nomor telepon mereka sendiri seringkali tidak akurat atau aneh. Hal ini bisa terjadi karena aplikasi ini membaca hasil pencarian dari kontak orang lain yang menyimpan nomor tersebut dengan nama yang salah atau tidak sesuai.

Selain itu, data yang diambil dari buku alamat orang-orang seringkali tidak mutakhir, sehingga informasi yang diperoleh bisa menjadi usang atau tidak akurat. Meski begitu, TrueCaller tetap menjadi alat yang berguna untuk melacak nomor penipu dan menghindari panggilan spam. Untuk mencegah dan mengantisipasi panggilan DC lapangan pinjol masuk ke kontak nasabah, aplikasi ini juga bisa diandalkan.

 

Jadi, penting untuk memahami risiko apa yang akan terjadi saat menggunakan pinjol, termasuk panggilan DC lapangan pinjol yang saat ini sudah merajalela. Tanggaplah dengan informasi mengenai pinjol dan lakukan yang terbaik(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: