Siswa MAN Kota Tegal Ikuti Ujian Praktik Manasik Haji

Siswa MAN Kota Tegal Ikuti Ujian Praktik Manasik Haji

MANASIK HAJI – Siswa Kelas XII MAN Kota Tegal mengikuti ujian praktik keagamaan, yaitu manasik haji di halaman madrasah.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL – Siswa Kelas XII MAN Kota Tegal mengikuti ujian praktik keagamaan yaitu manasik haji. Ini merupakan rangkaian dari asesmen madrasah yang akan diselenggarakan Maret mendatang. Selain manasik haji, ujian praktik keagamaan mengujikan baca tulis Alquran dan muhadasah.

“Untuk ujian praktik keagamaan terdiri dari Alquran, hadis, fiqih dan bahasa Arab. Untuk fikih, ada praktik manasik haji,” kata Kepala MAN Kota Tegal Dr Drs H Tobari MAg melalui Waka Kesiswaan Famelia Widyarini S SAg. 

BACA JUGA:Sub PIN Polio Tahap I di Kabupaten Pemalang Lampaui Target Sasaran

Dalam ujian praktik keagamaan manasik haji ini, siswa mengikuti rangkaian ibadah haji. Seperti tawaf, sai, wukuf di Arafah, bermalam di Muzdalifah dan Mina, terakhir melempar jumrah. Mereka menyiapkan perlengkapan seperti pakaian ihram untuk laki-laki. 

“Mereka sangat bersemangat, meski harus meminjam pakaian ihram. Termasuk membawa batu kerikil. Kegiatan tahalul, mereka juga dengan rela mau dicukur dan diambil rambutnya. Itu karena sangat bersemangat,” ujar Famelia. 

Selain Manasik Haji, ujian praktik keagamaan yang dijalani siswa adalah salat jenazah. 

BACA JUGA:Polres Tegal Lakukan Kemitraan Polri dengan Masyarakat

Untuk baca tulis Alquran sendiri terdiri dari membaca hingga ditanyakan tajwidnya. Kemudian, hafalan surat pendek. Ada lima surat yang harus dihafalkan, yaitu Al Qadr, Al Insyirah, At Tin, Al Bayinah dan Ad Dhuha. 

“Sementara untuk muhadasah adalah tanya jawab menggunakan bahasa Arab,” ungkapnya.

BACA JUGA:LDK, Pelajar SMP Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Digembleng di Kodim 0712

MAN Kota Tegal juga melaksanakan ujian praktik olahraga dan akan mempraktikan senam. Siswa diwajibkan mengarang senam kreasi baru. 

“Kemudian, renang di Waterpark Bahari,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: