Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal Monitoring Proyek Fisik

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal Monitoring Proyek Fisik

KOKOH - Rehab ruang kelas baru SDN Bulakwaru 03 yang selesai.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Upaya melihat dari dekat hasil pengerjaan proyek fisik anggaran tahun 2023  dilakukan  Bidang Sarpras SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Tegal. Setidaknya, dari hasil monitoring banyak proyek yang berhasil dirampungkan 100 % . Namun juga ada beberapa yang masuk dalam tahap penyempurnaan hingga jeda waktu 50 hari setelah batas kontrak.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Tegal Fakihurochim SSos MM melalui Kasi Sarpras SD Suwandi menyatakan, dari hasil monitoring banyak proyek fisik yang berhasil rampung seratus perses dengan hasil sempurna. Seperti SDN Wotgalih 02, SDN Pangkah 01, SDN Batuagung 02, SDN Sidapurna 01, SDN Bulakwaru 03, dan SDN Getaskerep 02. 

BACA JUGA:Lakukan Filter Pelaku UMKM di Kabupaten Tegal

"Namun ada juga bangunan yang mendapatkan perhatian serius dengan status verifikasi dan konsolidasi, seperti  SDN Kedungjati 02, SDN Rembul 03 dan SDN Dinuk 01," ujarnya.

Dari data yang ada di tahun 2023 lalu, bidangnya  mengawal 216 paket pekerjaan fisik. Untuk proyek fisik yang didanai Dana Alokasi Khusus (DAK), 90 % persen sudah berhasil dirampungkan. Sementara pengerjaan fisik melalui Penunjukan Langsung (PL)  sudah berhasil terselesaikan 100 %.

BACA JUGA:Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal Kebut Akreditasi PAUD

Disinggung soal robohnya bangunan perpustakaan di SDN  Dukuhwringin 02, pihaknya mengaku bangunan tersebut memang sudah tua dan termakan usia.   Banguan perpustakaan tersebut memang sudah lama tidak terpakai, setelah proses regrouping SDN Dukuhwiringi 03 yang disatukan dengan SDN Dukuhwringin 02. Ruang perpustakaan pun kini menggunakan yang ada di eks SDN Dukuhwringin 03. 

“Kami akan mengajukan anggaran di ubahan APBD II tahun 2024. Agar eks bangunan perpustakaan yang roboh tersebut bisa direhab untuk mendukung keberadaan ruang baru laboratorium komputer," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: