Punya Khasiat Ajaib, Berikut 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Punya Khasiat Ajaib, Berikut 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan-Merdeka.com-

Gel lidah buaya kaya akan polifenol, yang merupakan antioksidan kuat. Polifenol dan senyawa lainnya membantu menghambat pertumbuhan bakteri tertentu yang menyebabkan infeksi pada manusia.

BACA JUGA: Berikut 10 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Cocok Atasi Komedo dan Melembapkan Kulit

Misalnya, mereka mengobati gatal dan kemerahan yang disebabkan oleh infeksi, dermatitis atopik, dan penyakit kulit lainnya.

Pada tahun 2019, sebuah studi tentang efek lidah buaya oleh Dr Davood Hekmatpou dan rekan-rekannya di Universitas Kedokteran di Arak, Iran, menyatakan bahwa lidah buaya memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antiseptik, sehingga berguna dalam pengobatan penyembuhan luka dan masalah kulit.

5. Meningkatkan Penyembuhan Luka

Manfaat lidah buaya selanjutnya adalah mempercepat penyembuhan luka, terutama luka bakar. Dalam sebuah penelitian eksperimental yang dilakukan oleh Davood Hekmatpou, PhD, dan rekan-rekannya, ditemukan bahwa lidah buaya dapat mengurangi waktu penyembuhan luka bakar sekitar sembilan hari dibandingkan dengan pengobatan konvensional.

6. Mengurangi Kerutan pada Wajah

Salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah adalah mengurangi munculnya kerutan pada wajah. Hal ini dikarenakan mengonsumsi lidah buaya dapat meningkatkan produksi kolagen.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Tanaka Miyuki dkk pada tahun 2015 menemukan bahwa lidah buaya dapat membantu mengurangi kerutan pada wajah, terutama pada kelompok wanita yang berusia 40 tahun ke atas.

BACA JUGA: Manfaat Lidah Buaya untuk Memutihkan Wajah. Begini 4 Cara Menggunakannya

7. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Sebuah studi oleh Chikako Kaminaka dan rekan-rekannya di Wakayama Medical University pada tahun 2023 menemukan bahwa 12 mcg sterol lidah buaya per hari selama 40 minggu meningkatkan elastisitas kulit pada pria berusia 46 tahun ke bawah.

Suplementasi dengan lidah buaya juga diklaim dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui efek-efek ini.

Khasiat lidah Buaya untuk kesehatan

Selain untuk kecantikan, lidah buaya juga memiliki manfaat untuk kesehatan di antaranya adalah:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: