Manfaat Lidah Buaya yang Ampuh Atasi Jerawat. Begini 3 Cara Membut Obat Jerawat dari Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya yang Ampuh Atasi Jerawat. Begini 3 Cara Membut Obat Jerawat dari Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk atasi jerawat-Cantika-

DISWAYJATENG - Manfaat lidah buaya memiliki banyak khasiat ini termasuk membantu pengobatan jerawat. Bermacam produk perawatan kulit yang mengandung lidah buaya diklaim ampuh atasi masalah jerawat.

Manfaat lidah buaya telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan iritasi kulit. Lidah buaya ini mengandung gel yang terbukti sangat efektif dalam menghilangkan jerawat.

Manfaat Lidah buaya juga mengandung giberelin dan polisakarida yang membantu mengunci kelembapan pada kulit. Polisakarida dalam lidah buaya merangsang fibroblas untuk memproduksi serat kolagen dan elastin, yang meningkatkan elastisitas kulit.

Manfaat lidah buaya ini ampuh mengatasi berbagai permasalahan seperti jerawat, sebab, Senyawa ini juga memiliki efek menggumpalkan sel-sel di lapisan terluar kulit. 

BACA JUGA:4 Tips Sederhana Mengolah Lidah Buaya untuk Putihkan Wajah

Cara Lidah Buaya Mengatasi Jerawat

Polisakarida dan giberelin juga bertugas sebagai agen antibakteri untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Keduanya membantu menghilangkan sebum berlebih, sel kulit mati dan bakteri dari pori-pori.

Selain itu, lidah buaya adalah antiinflamasi dan antioksidan alami, yang dapat membantu mengurangi kemerahan, peradangan, dan rasa sakit yang berhubungan dengan jerawat.

Oleh karena itu, penggunaan gel lidah buaya dianggap berguna dalam pengobatan jerawat ringan hingga sedang. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui manfaat dan efek samping lidah buaya sebagai pengobatan jerawat.

Efek samping lidah buaya pada kulit berjerawat

Secara umum, gel lidah buaya aman dan efektif untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan luka bakar. Namun, penggunaan gel lidah buaya hanya direkomendasikan secara topikal.

Penggunaan manfaat lidah buaya secara oral, yaitu dengan memakan atau meminumnya, memiliki risiko kanker. Ini karena getah lidah buaya yang belum diolah mengandung bahan kimia penyebab kanker.

Menelan satu gram gel lidah buaya selama beberapa hari juga dapat merusak ginjal dan bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, gel lidah buaya sebaiknya hanya digunakan secara topikal.

Konsumsi gel lidah buaya dapat menyebabkan efek samping seperti kram dan sakit perut. Selalu konsultasikan dengan dokter kulit Anda sebelum menggunakan gel lidah buaya secara oral atau topikal, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: