13 Manfaat Lidah Buaya untuk kesehatan, Salah Satunya Bisa untuk Obat Awet Muda

13 Manfaat Lidah Buaya untuk kesehatan, Salah Satunya Bisa untuk Obat Awet Muda

Manfat lidah buaya untuk kesehatan-Tribunnews-

Lateks (residu kuning dan lengket di bawah bagian luar daun lidah buaya) diketahui dapat membantu mengatasi sembelit. Hal ini disebabkan oleh sifat pencahar alami dari aloin dan barbaroin.

BACA JUGA: Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan! Simak Ulasannya!

11. Menurunkan Tekanan Darah

Lidah buaya bukanlah pengganti diet sehat, obat-obatan atau olahraga untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, lidah buaya diyakini efektif dalam memerangi tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian menemukan bahwa menggunakan bubuk lidah buaya selama tiga sampai enam bulan secara efektif menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Penelitian ini melibatkan 90 pasien diabetes yang tidak menggunakan insulin.

12. Peningkatan fungsi hati

Hati bertanggung jawab untuk menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan fitonutrien yang tinggi dalam jus lidah buaya membantu mendukung kesehatan hati.

Lidah buaya juga dapat menghidrasi sistem pencernaan.

13. Pengobatan Peradangan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecules menemukan bahwa ekstrak bunga dan daun lidah buaya memiliki sifat antioksidan. Antioksidan ditemukan terutama pada kulit daun lidah buaya.

BACA JUGA: 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan, Salah Satunya Bisa Memperlambat Tanda-tanda Penuaan

Antioksidan berperan penting dalam memerangi berbagai reaksi peradangan akibat stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam sel-sel tubuh.

Itulah beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan.

Jika pengobatan menggunakan lidah buaya tidak berdampak apapun, konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang intens. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: