5 Cara Sederhana Merawat Rambut Sehat dan Berkilau, Salah Satunya Jangan Keseringan Pakai Aksesoris

5 Cara Sederhana Merawat Rambut Sehat dan Berkilau, Salah Satunya Jangan Keseringan Pakai Aksesoris

Cara mearwat rambut sehat dan berkilau-www.astrounots.id-

DISWAYJATENG - Rambut sehat dan berkilau tidak bisa didapatkan hanya dengan sampo saja. Ada banyak cara untuk merawat rambut agar sehat dan berkilau, yang dapat dilakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke salon.

Rambut adalah mahkota kepala kamu dan harus selalu sehat. Namun, mencuci rambut secara teratur saja tidak cukup sebagai cara untuk merawat rambut agar sehat dan berkilau yang kamu inginkan.

Mendapatkan rambut sehat dan berkilau tergantung pada cara kamu menata dan merawat rambut. Rambut dapat menjadi kering, rontok, atau bercabang. Selain itu, paparan sinar matahari dan polusi dapat memperparah kerusakan rambut. 

Karena itu, perawatan rambut yang tepat diperlukan untuk mendapatkan rambut sehat dan berkilau. Berikut beberapa tips merawat rambut sehat dan berkilau, yang bisa dilakukan sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami.

BACA JUGA: 7 Tips Sederhana yang Bisa Diakukan di Rumah untuk Merawat Rambut Beruban

Cara perawatan rambut secara mandiri tanpa ke salon

1. Rawat Kulit Kepala

Langkah pertama untuk mendapatkan rambut yang sehat adalah merawat kulit kepala kamu. Memijat kulit kepala dengan lembut saat keramas dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menstimulasi folikel rambut, membuat rambut lebih tebal dan berkilau.

Menurut para ahli perawatan rambut, kesehatan folikel rambut dipengaruhi oleh kesehatan jaringan kulit dan suplai darah di sekitarnya. Dengan kata lain, kulit kepala yang sehat adalah kunci dari rambut yang sehat.

Beberapa ahli juga merekomendasikan untuk memilih produk perawatan rambut yang mendukung sekresi sebum alami kulit kepala dan sebisa mungkin menghindari produk yang mengandung sulfat, alkohol, dan wewangian.

Jika perlu, lindungi kulit kepala dan rambut kamu dari sinar UV yang berbahaya dengan mengenakan penutup kepala saat kamu berada di luar ruangan.

BACA JUGA: 3 Tips Rambut Lebat dengan Bahan Alami yang Ada di Dapur, Berikut Cara Penggunaanya

2. Pilih Sampo yang Tepat

Dianjurkan untuk memilih sampo sesuai dengan jenis rambut kamu dan masalah yang dihadapi seperti ketombe, rambut bercabang, dan rambut rontok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: