5 Cara Sederhana Merawat Rambut Sehat dan Berkilau, Salah Satunya Jangan Keseringan Pakai Aksesoris

5 Cara Sederhana Merawat Rambut Sehat dan Berkilau, Salah Satunya Jangan Keseringan Pakai Aksesoris

Cara mearwat rambut sehat dan berkilau-www.astrounots.id-

Hindari sampo yang mengandung bahan keras seperti amonium lauril sulfat atau natrium lauril sulfat. Saat keramas, gunakan air biasa atau air hangat karena air panas dapat menghilangkan minyak alami rambut dan membuatnya kusam.

Setelah keramas, gunakan kondisioner untuk menjaga rambut tetap lembut, berkilau dan mudah diatur.

3. Perawatan setelah Keramas

Jangan menyisir rambut yang basah atau menggosoknya dengan handuk. Penataan rambut hanya boleh dilakukan setelah rambut 90% kering dan jika memungkinkan, biarkan mengering secara alami.

Jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut karena dapat membuat rambut kering. 

BACA JUGA: 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut yang Jarang Orang Ketahui

4. Meminimalkan Jumlah Aksesori Rambut

Agar rambut kamu tetap sehat, ingatlah untuk merawat rambut kamu dengan meminimalkan penggunaan aksesoris rambut. Hindari mengikat atau mengepang rambut, jangan menyisir rambut terlalu sering atau terlalu lama.

Hindari juga penggunaan produk perawatan rambut berbahan kimia dan peralatan penata rambut yang menggunakan panas listrik, seperti pelurus rambut, pengeriting rambut, dan pengering rambut.

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Perawatan rambut bukan hanya proses dari dalam tapi juga dari luar. Agar rambut kamu tetap sehat dan indah, konsumsilah makanan kaya protein seperti telur, susu, kacang-kacangan, ikan, unggas, dan daging tanpa lemak.

Konsumsi juga sayuran hijau, buah-buahan, makanan laut, keju dan yoghurt untuk mendapatkan zinc dan omega-3 untuk rambut sehat dan berkilau.  Jika diperlukan, kamu dapat mengonsumsi suplemen biotin untuk mengurangi atau mencegah kerontokan rambut.

Itu dia lima cara mendapatkan rambut sehat dan berkilau. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter tentang perawatan rambut yang tepat. 

BACA JUGA: 6 Cara Menghitamkan Rambut Tanpa Semir, Salah Satunya Menggunakan Lidah Buaya

Demikian informasi tentang 5 cara sederhana merawat rambut sehat dan berkilau, yang bisa dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke salon. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: