Benarkah Daun Kelor dapat Membantu Menurunkan Berat Badan? Simak Ulasannya!

Benarkah Daun Kelor dapat Membantu Menurunkan Berat Badan? Simak Ulasannya!

DAUN KELOR. Benarkah dapat menurunkan berat badan?--sumber gambar: ARCava

Manfaat Daun Kelor untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat kelor untuk menurunkan berat badan didapat saat daun telah diolah menjadi bubuk. Hal ini ditemukan dalam sebuah penelitian pada hewan dan tabung reaksi.

Ditemukan bahwa kelor dapat membantu mengurangi pembentukan lemak dan meningkatkan pemecahan lemak. Sebuah penelitian menemukan asupan 900 miligram suplemen daun kelor dan kunyit dapat menurunkan berat badan 4,8 kg. 

BACA JUGA: Manfaat Daun Bidara untuk Kecantikan Wajah Alami, Salah Satunya Bisa Obati Kulit yang Meradang

Studi sendiri dilakukan selama 8 pekan pada 41 orang dengan kelebihan berat badan. Penelitian yang dilakukan dengan jumlah partisipan yang lebih besar selama 16 minggu.

Menghasilkan, asupan suplemen yang sama berhasil menurunkan berat badan 5,4 kilogram. Sementara yang mengonsumsi klasebo menurunkan 0,9 kilogram dalam waktu yang sama.

Namun, masih belum jelas apakah manfaat ini berasal oleh kelor atau kunyit. Atau bahkan kombinasi antara keduanya.

Cara Kelor Menurunkan Berat Badan

Meski belum diketahui secara pasti manfaatnya, namun beberapa ahli menyepakati bahwa kelor memang memiliki kemampuan tersebut. Ahli gizi Lochan Tebak mengemukakan bahwa salah satunya berkat kemampuan kelor dalam mengatur kadar insulin.

BACA JUGA: 5 Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan Nomor 4 Mencegah dan Mengobati Diabetes

"Kemampuan mengatur insulin pada gilirannya dapat meningkatkan manajemen nafsu makan dan mengurangi keinginan untuk ngemil manis" Ujarnya. Selain itu, kandungan serat yang tinggi juga berkontribusi pada hal ini.

Selain dapat mengekang rasa lapar, kelor juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Tebak mengatakan metabolisme yang lancar dapat membantu membakar lemak pada tubuh.

Cara Mengonsumsi Daun Kelor

1. Dalam bentuk bubuk

Anda bisa menambahkan bubuk kelor ke smoothie, yoghurt, dan milshake. Ini adalah bentuk paling populer daun kelor yang digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: