5 Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan Nomor 4 Mencegah dan Mengobati Diabetes

5 Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan Nomor 4 Mencegah dan Mengobati Diabetes

Manfaat daun kenikir bagi kesehatan-Tangkapan layar watyutink.com-

DISWAY JATENG - Daun kenikir ternyata manfaatnya luar biasa. Daun ini bahkan diduga bisa mencegah penyakit tertentu, seperti hipertensi dan diabetes. Tetapi, apakah manfaat tersebut memang terbukti efektif? Tidak hanya dikonsumsi sebagai lalapan, terdapat beragam manfaat daun kenikir bagi kesehatan. 

Perlu Anda ketahui 6 Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan. Memiliki nama latin Cosmos caudatus ini dianggap sebagai salah satu makanan sehat sebab mengandung sejumlah nutrisi di dalamnya. 

Daun kenikir sebetulnya adalah tanaman yang berasal dari Amerika Latin, namun bisa juga ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.  Selain untuk makanan, tanaman ini juga dianggap mempunyai manfaat bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Daun Kenikir

Daun ini juga diketahui kaya akan kandungan mineral, seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, zat besi, seng, tembaga, dan natrium. Daun kenikir mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin B, dan vitamin C. Selain berbagai nutrisi di atas, daun kenikir juga mengandung senyawa aktif quercetin, asam fenolat, flavonoid, dan asam klorogenat. 

BACA JUGA:5 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Kulit

Semua senyawa tersebut mempunyai sifat antioksidan dan antiradang. Dengan banyaknya kandungan nutrisi di dalam daun kenikir, tak heran bila tanaman ini dipercaya memiliki beragam khasiat untuk menunjang kesehatan tubuh. 

Beberapa manfaat daun kenikir meliputi:

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat pertama daun kenikir yaitu memelihara kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan antioksidan dan antiradang di dalamnya yang dapat mencegah kerusakan sel akibat bahaya radikal bebas, sehingga bisa mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

2. Mencegah osteoporosis

Selanjutnya Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daun kenikir memiliki efek yang baik dalam merangsang pembentukan tulang. Meningkatkan kekuatan tulang, dan mencegah tulang keropos atau osteoporosis. Hal ini sebab kandungan antioksidan yang tinggi dan kalsium yang terdapat di dalamnya.

Sejauh ini, belum ada riset klinis yang mendukung klaim bahwa daun kenikir bermanfaat sebagai obat atau suplemen yang efektif untuk mencegah osteoporosis. Namun, studi tersebut baru sebatas pada studi penelitian pada hewan percobaan di laboratorium. 

3. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: