5 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Kulit

5 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat air putih bagi kesehatan tubuh-Tangkapan layar sehat Aqua-

DISWAY JATENG – Manfaat air putih ternyata tidak hanya berguna untuk mencegah dehidrasi pada tubuh. Air putih tidak sesepele yang kalian bayangkan. Di balik kesederhanaanya, ternyata air putih tidak hanya berguna untuk mencegah dehidrasi pada tubuh. Tetapi juga mempunyai beraneka ragam keuntungan dan khasiat lainnya.

Air adalah sumber kehidupan bagi manusia. Tanpa air manusia akan mengalami dehidrasi sehingga alangkah baiknya kalau kita mengkonsumsi air putih kurang lebih 8-9 gelas setiap hari atau setara 1500 – 2000 ml/hari agar kebutuhan manfaat air putih dalam tubuh terpenuhi.

Di mana  komponen utama dalam tubuh manusia lebih dari 50%  terdiri dari air. Tetapi kita harus tau bahwa kita tidak boleh minum air putih sembarangan, karena manfaat air putih yang tercemar bisa menyebabkan berbagai macam penyakit misalnya sakit perut atau diare.

Itulah mengapa kita harus minum air putih yang cukup karena memang air putih banyak manfaatnya bagi tubuh bukan hanya untuk pelepas dahaga saja.

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Luncurkan Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response

Beberapa Anjuran dalam mengonsumsi Air putih

Anda pun dianjurkan untuk mengonsumsi air putih lebih banyak jika mengalami beberapa kondisi, seperti setelah berolahraga, saat cuaca panas, atau ketika mengalami demam, diare, dan muntah-muntah. Selain mengetahui ciri-ciri air putih yang sehat.

Melansir dari stikesbanyuwangi.ac.id, diketahui bahwa air putih bebas dari kalori dan gula yang menjadi pilihan paling sehat untuk menjaga tubuh supaya mempunyai cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja.

Bukan hanya itu, manfaat minum air putih untuk tubuh juga memiliki beragam fungsi bagi tubuh yang meliputi antara lain:

BACA JUGA:Tuntut Keadilan Formasi P3K, Tenaga Kesehatan Honorer Blokade Pantura Brebes

Berikut ini 5 manfaat air putih bagi kesehatan tubuh.

  1. Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi supaya  tetap lentur. Sebab, ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.
  2. Dapat menjaga kadar cairan tubuh, dengan begitu tubuh tidak mengalami  gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, surkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.
  3. Dapat menjaga kesegaran kulit.
  4. Dapat melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainya.
  5. Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.

Berapa Takaran Normal Minum Air Putih supaya Tidak Kekurangan Cairan?

Secara rata-rata, untuk wanita dewasa, disarankan untuk minum air putih sekitar delapan gelas berukuran 200 ml  per hari aatu total 1,6 liter. Ini menunjukan bahwa kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Sedangkan untuk pria, disarankan minum air  putih sekitar  10 gelas berukuran 200 ml atau jika ditotal yakni 2 liter setiap  hari.

BACA JUGA:Dinas Kesehatan Optimis Jika Pembangunan Labkesda di Kabupaten Tegal Rampung Akhir Tahun 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: