Perbedaan Pinjol dengan Paylater, Simak Selengkapnya Supaya Anda Tidak Keliru dan Merugi

Perbedaan Pinjol dengan Paylater, Simak Selengkapnya Supaya Anda Tidak Keliru dan Merugi

PINJOL VS PAYLATER - Simak Perbedaannya agar Tidak Keliru--

DISWAY JATENG - Perbedaan Pinjol VS Paylater, Simak agar Tidak Keliru! Pinjol dan Paylater merupakan platform yang memudahkan banyak orang. Apalagi di era digital yang memudahkan dalam melakukan transaksi digital.

Di era digital ini banyak yang membutuhkan dana cepat cair dan dengan persyaratan yang mudah. Ada pula yang mementingkan keinginan dari kebutuhan suatu barang yang membuat orang mencicilnya.

Pinjol dan Paylater menjadi solusi mudah bagi masyarakat di era digital, dengan persyaratan yang mudah dan kemudahan penggunaannya. Bukan hanya kemudahan ada juga yang harus diwaspadai oleh pengguna keduanya.

Sebelum mengetahui bahaya yang mengintai, pahami perbedaan diantara Pinjol dan Paylater! Pinjol merupakan platform pinjaman dana berupa uang yang dapat dilakukan dengan mudah.

BACA JUGA: Cara Menaikkan Limit GoPayLater sampai 30 Juta, Gunakan 7 Langkah ini Supaya Mudah Disetujui

Mulai dari registrasi, yang hanya meminta foto diri, foto KTP maupun rekening bank. Bukan hanya itu, mengenai bunga per harinya menjadi 0,1%-0,3% saja perharinya, yang tentu lebih ringan daripada melakukan pinjaman di tempat lain.

Jika di tempat lain memerlukan syarat yang banyak, pencairan yang lama, dan bunga yang besar berbeda dengan pinjol. Yang lebih mudah, ringkas dan cepat dilakukan oleh siapapun dan kapanpun.

Berikutnya adalah Paylater, ini mungkin sering didengar pada iklan e-commerce pada televisi maupun platform lain. Belum banyak orang yang paham mengenai hal ini, dan menganggapnya sama seperti pinjol.

Paylater merupakan cara pembelian barang dengan memiliki barangnya terlebih dahulu baru melakukan pembayaran. Pembayaran yang dilakukan juga menggunakan cicilan dengan jangka waktu yang telah ditetapkan.

Dengan kata lain, paylater merupakan cara yang dilakukan masyarakat untuk berbelanja tanpa perlu membayar segera. Pembayaran dapat dilakukan beberapa hari atau sesuai jangka waktu pembayaran yang telah ditetapkan.

BACA JUGA: Inilah 5 Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah Resmi OJK Cepat Cair Sampai Puluhan Juta, Aman dan Terpercaya

Pinjol merupakan aplikasi yang menawarkan pinjaman dana tunai yang dapat digunakan untuk banyak hal. Sedangkan, Paylater digunakan sebagai pembiayaan suatu pembelian dengan menunda proses pembayaran.

Berikut 5 perbedaan pinjol dengan paylater

1. Metode Transaksi

Untuk transaksi pada pinjol merupakan platform menyediakan pinjaman instan yang dapat dilakukan pembayaran saat jatuh tempo. Jadi, jika membutuhkan dana tunai dengan cepat dan mudah dapat menggunakan pinjol.

Sedangkan, transaksi di paylater merupakan pembiayaan saat pembelian suatu barang. Yang kemudian melakukan pembayaran dalam bentuk tagihan yang dapat jatuh tempo sesuai dengan durasi yang sudah dipilih.

2. Aturan

Pada paylater belum ada aturan khusus yang mengikat, padahal paylater memudahkan dalam proses transaksi. Namun ada aplikasi paylater yang sudah diawasi OJK, yang membuat pengguna lebih aman dalam menggunakannnya.

BACA JUGA: Inilah 5 Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah Resmi OJK Cepat Cair Sampai Puluhan Juta, Aman dan Terpercaya

Sebaliknya, pada aplikasi pinjol sudah ada aturan khusus yang mengikat baik peminjam maupun penyedia jasa. Pinjol atau Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) sudah diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Diperkuat lagi dengan Peraturan OJK (POJK) Nomor 10/POJK.05/20221 yang diperbarui lagi pada Berdasarkan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 19 Tahun 2023.

Dengan aturan yang baru dan lebih mengikat membuat peminjam dapat merasa terlindungi namun terbatas dalam pinjaman. Namun, tetap banyak pinjol illegal yang masih marak beredar sehingga calon pengguna diharap waspada.

3. Tujuan

Salah satu yang menjadi pembeda antara Pinjol dan Paylater adalah tujuan penggunaannya.

Pinjol merupakan lembaga pembiayaan non bank yang dapat diakses masyarakat umum melalui aplikasi. Aplikasi pinjol dapat diakses secara mandiri yang membuat masyarakat dapat menggunakan tanpa transaksi di e-commerce.

BACA JUGA: Cara Menaikkan Limit GoPayLater sampai 30 Juta, Gunakan 7 Langkah ini Supaya Mudah Disetujui

Sedangkan, paylater biasanya terdapat pada marketplace atau e-commerce maupun aplikasi mandiri. Yang membuat pengguna mudah dalam melakukan transaksi dalam pembelian tertentu.

4. Bunga pinjaman

Pinjol dan paylater tetap akan memberikan pinjaman bagi nasabah yang melakukan pinjaman. Ini bergantung pada platform penyedia baik pada pinjol maupun paylater, agar tidak terjerat bunga yang mengikat.

Perhatikan bunga saat memilih platform baik pinjol maupun paylater agar, mendapat bunga yang rendah dan proses yang memudahkan.

5. Hasil Pinjaman

Pada pinjol, terdapat dua pihak yang terlibat yakni peminjam dan penyedia jasa. Peminjam akan mengajukan permohonan pinjaman dan setelah disetujui dana akan langsung masuk pada rekening peminjam dana.

Sedangkan paylater, prosesnya melibatkan banyak pihak mulai dari peminjam, market place, maupun merchant.

BACA JUGA: Cara Kredit HP di Shopee dengan Shopee PayLater, Pakai Kartu Kredit Maupun Tanpa Kartu yang Perlu Kamu Tahu

Saat hendak melakukan pinjaman online maupun menggunakan paylater, harap perhatikan keamanan platform. Bisa survey melalui berbagai media sosial yang ada agar tidak terjerat kemudahan dan kenyamanan penggunaannya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: