7 Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

7 Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

OBESITAS. menjadi salah satu penyebab perut buncit yang paling sering dialami sebagian orang.--sumber gambar: galaxymedis.blogspot.com

DISWAY JATENG- Perut buncit adalah kondisi dimana perut terliat bengkak dan membesar. Salah satu penyebab perut buncit yang paling umum adalah diabetes.

Obesitas disebabkan oleh adanya penumpukkan lemak berlebih karena kurangnya pembakaran kalori oleh tubuh. Namun, apa saja penyebab perut buncit? 

Berikut beberapa ulasan penyebab perut buncit yang harus Anda ketahui:

1. Obesitas

Gejala umum obesitas yaitu adanya penumpukkan lemak di perut sehingga perut terlihat buncit. Penyebab utamanya adalah asupan kalori dalam tubuh lebih banyak dibandingkan jumlah kalori yang terbakar.

Obesitas juga bisa dipicu beberapa faktor, seperti:

- Jarang berolahraga.

- Gaya hidup yang membuat seseorang sedikit melakukan aktivitas fisik.

- Begadang, karena dapat mengakibatkan produksi hormon pengatur rasa lapar yaitu ghrelin dan leptin menjadi tidak    seimbang. Hal ini membuat tubuh merasa lapar sehignga tidak terkonrtol dalam mengonsumsi makanan.

- Konsumsi makanan lemak berlebih dan tinggi kalori.

- Mengonsumsi alkohol berlebih, karena dapat menurunkan produksi hormon pengatur rasa lapar dan memicu asupan glukosa berlebih yang menjadi psalah satu penyebab perut buncit.

- Stres berlebihan, karena bisa meningkatkan produksi hormon kortisol yang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh.

Perut buncit karena obesitas dapat menyebabkan komplikasi lain. Seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, hipertensi, dan lain sebagainya.

2. Sembelit (Konstipasi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: