5 Cara Menghadapi Debt Collector Pinjol Mengancam Melalui WhatsAapp, Lakukan Cara ini Supaya DC Kapok

5 Cara Menghadapi Debt Collector Pinjol Mengancam Melalui WhatsAapp, Lakukan Cara ini Supaya DC Kapok

Cara menghadapi Debt Collector pinjol--

3. Simpan bukti pesan dari DC

Cara menghadapi Debt Collector pinjol ilegal yang mengancam malalui WA selanjutnya, yaitu simpan bukti pesan. Jika Anda mendapatkan ancaman dari DC lewat Whatsapp sebaiknya simpan bukti pesan tersebut.

Hal ini bisa melalui VN, pesan teks, rekam suara telepon, dan lain sebagainya. Dengan bukti tersebut bisa digunakan untuk melaporkan ke pihak yang berwenang. 

4. Blokir dan laporkan

Apabila pinjol ilegal melakukan ancaman terus menerus sebaiknya laporkan penyedia pinjaman ke pihak berwenang. Anda dapat melaporkannya melalui polisi, OJK, AFPi, dan lainnya.

Dengan ini, pinjol ilegal dapat mendapatkan efek jera lebih lanjut. Selain itu, anda juga dapat terbebas dari hutang pinjaman online ilegal, ya.

BACA JUGA: Aturan Penagihan Debt Collector Pinjol Terbaru, DC Lapangan Pinjol Dilarang Menagih di Luar Ketentuan

5. Pastikan verifikasi identitas pengancam

Jika mendapati pesan WA yang mengancam, sebaiknya verifikasi identitas pengirim. Seperti nama penyedia pinjaman, alamat perusahaan, dan lain-lain.

Biasannya pihak penagih atau DC menggunakan ancaman palsu, jadi Anda perlu verifikasi identitas pengirim. Hal ini penting dilakukan supaya Anda tidak terkecoh dari tagihan pinjol ilegal.

Pastikan menggunakan pinjol legal resmi terdaftar OJK, jangan sampai terjerat di pinjol ilegal. Pinjol ilegal dapat merugikan nasabah mulai dari penyebaran data, penagihan yang tidak wajar, dan lainnya.

BACA JUGA: Aturan Jam Kerja DC Lapangan Pinjol Terbaru, Debt Collector Dilarang Menagih di Jam ini

Demikian informasi seputar cara menghadapi Debt Collector pinjol ilegal mengancam lewat Whatsapp. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: