Aturan Penagihan Debt Collector Pinjol Terbaru, DC Lapangan Pinjol Dilarang Menagih di Luar Ketentuan

Aturan Penagihan Debt Collector Pinjol Terbaru, DC Lapangan Pinjol Dilarang Menagih di Luar Ketentuan

Aturan penagihan Debt Collector pinjol--

DISWAY JATENG - Setiap penyedia layanan pinjaman online memiliki petugas penagih seperti Debt Collector (DC). Aturan penagihan Debt Collector pinjol perlu diperhatikan jika Anda menggunakan layanan fintech.

Aturan penagihan Debt Collector pinjol terbaru penting untuk diketahui bagi nasabah pinjaman online. OJK memberikan aturan penagihan pihak ketiga supaya nasabah tetap nyaman dan tidak merasa risih.

Dengan memahami aturan penagihan Debt Collector pinjol dapat memberikan kesiapan dalam pembayaran cicilan. Salah satu aturan penagihan DC lapangan yaitu jam kerja yang sudah ditetapkan di waktu tertentu.

Lalu, apa saja aturan penagihan Debt Collector pinjol sesuai yang diberlakukan OJK? Berikut informasi seputar aturan penagihan DC lapangan sesuai aturan OJK.

BACA JUGA: 3 Tips Mengatasi DC Lapangan Pinjol yang Datang Ke Rumah, Nasabah Galbay Wajib Tahu

BACA JUGA: Berapa Lama DC Pinjol Meneror Kontak Nasabah? Simak Penjelasannya

Aturan Penagihan Debt Collector Pinjol Resmi dari OJK

Seperti yang tertulis dalam aturan SEOJK 19/2023 diatur bahwa penagihan hanya dapat dilakukan pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 20.00 wilayah waktu alamat penerima dana.

Penagihan dana yang dilakukan DC lapangan pinjol hanya boleh di waktu yang sudah ditentukan. Jadi, DC lapangan tidak diperbolehkan menagih kepada nasabah hingga 24 jam.

Selain itu, penyedia pinjaman online perlu memastikan bahwa DC lapangan sudah mendapatkan pelatihan memadai. Tugas penagihan dan etika yang digunakan juga harus sesuai dengan aturan yang sudah berlaku.

Apabila penagihan DC lapangan melakukan hal diluar aturan dapat dikenai pidana. Jadi, nasabah dapat melaporkan kepada pihak berwajib jika mengalami kejadian seperti ancaman atau lainnya.

BACA JUGA: Aturan Jam Kerja DC Lapangan Pinjol Terbaru, Debt Collector Dilarang Menagih di Jam ini

BACA JUGA: Hutang Pinjol Menumpuk? Begini Cara Menyelesaikan Hutang Tanpa Takut Didatangi DC Lapangan

Solusi Jika DC Pinjol Melakukan Kerugian Kepada Nasabah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: