5 Cara Bebas Utang Pinjol Puluhan Juta Supaya Cepat Lunas, Gak Perlu Panik Lagi Diteror Cicilan

5 Cara Bebas Utang Pinjol Puluhan Juta Supaya Cepat Lunas, Gak Perlu Panik Lagi Diteror Cicilan

Cara bebas utang pinjol puluhan juta--

BACA JUGA:Cara Aman Galbay Pinjol Ilegal, Begini Cara Hapus Data Pribadi Pinjaman Ilegal

3. Buatlah anggaran pemasukan dan pengeluaran

Cara bebas utang pinjol puluhan juta selanjutnya, yakni membuat anggaran keuangan dari pemasukan hingga pengeluaran. Langkah ini bertujuan, mengurangi pengeluaran kamu agar lebih fokus untuk melunasi semua cicilan utang.

Beberapa contoh untuk menghindari biaya pengeluaran yang boros seperti mengurangi jajan, mengurangi nongkrong, atau memasak sendiri di rumah.

4. Cari penghasilan tambahan

Apabila kamu merasa kesulitan untuk melunasi utang pinjaman dengan penghasilan yang pas-pas an. Sekarang kamu bisa mencari penghasilan tambahan untuk melunasi semua tagihan pinjol.

Lakukan berbagai cara seperti mencari pekerjaan sampingan, menjadi freelancer, jualan online, atau menjadi reseller. Cara tersebut bisa kamu lakukan jika ingin menghasilkan penghasilan tambahan.

BACA JUGA:6 Aplikasi Pinjol Limit Awal Tinggi Resmi OJK Terbaru 2024, Bunga Rendah dan Tenor Panjang

BACA JUGA:Begini Tips Jitu Agar Terhindar dari Jeratan Pinjol Ilegal, dan Kenali Ciri-cirinya yang Harus Kamu Tahu

5. Cek status legal pinjol yang digunakan

Cara terakhir agar terhindari dari utang pinjol yang menumpuk, yakni mengecek kelegalan platfrom yang digunakan. Langkah ini dapat kamu gunakan apabila platfrom tersebut dinyatakan ilegal.

Cek di website resmi OJK apakah platfrom yang digunakan legal atau ilegal. Apabila penyedia pinjaman terbukti ilegal kamu dapat terbebas dari jeratan utang pinjaman online.

Kamu hanya perlu melaporkan pinjol ilegal ke OJK, Satgas Waspada Investasi, atau polisi agar utangmu bisa hangus. Jika laporan tersebut terbukti benar, maka hutang kamu akan hangus dan tidak perlu dibayar.

Tetapi jika platfrom yang digunakan legal, kamu harus melunasi semua tagihan pinjaman.

Demikian informasi seputar cara bebas utang pinjol puluhan juta yang ampuh dan efektif untuk digunakan. Semoga bermanfaat. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: