Eksplorasi Sungai Mudal Kulon Progo; Rasakan Sensasi Air Terjun dan Pemandian Alami! Tiketnya Hanya 3ribuan

Eksplorasi Sungai Mudal Kulon Progo; Rasakan Sensasi Air Terjun dan Pemandian Alami! Tiketnya Hanya 3ribuan

Sungai Mudal Kulon Progo-Dinas Pariwisata Kulon Progo-

DISWAYJATENG - Jogja selalu menyajikan keindahan dan keasyikan bagi para wisatawan. Setiap bulan, muncul destinasi baru yang membuat kita mupeng pengen segera berkunjung.

Dengan demikian, liburan menjadikan kita segar dan fresh dalam menjalan kehidupan sehari-hari. Maka, referensi ini bisa dijadikan tujuan liburan dalam jangka waktu ke depan,

 

Nah, kita punya rekomendasi destinasi alam menarik di Kulon Progo, yaitu Taman Wisata Sungai Mudal. Yuk, simak ulasannya!

 

Sungai Mudal: Sumber Mata Air yang Menyegarkan di Tengah Pegunungan

 

Ekowisata Sungai Mudal menjadi salah satu objek wisata air yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, tak jauh dari pusat Kota Jogja.

BACA JUGA:Pule Payung, Wisata Alam di Kulon Progo dan 8 Fakta Menariknya! Yuk Simak Berikut Ini

Keberadaannya di tengah pegunungan menoreh memberikan sensasi air yang dingin dan sejuk, sesuai dengan ciri khas air pegunungan.

Nama "Mudal" sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti "keluar," mengacu pada sumber mata air di Sungai Mudal yang mengalir sepanjang tahun, menyediakan air bersih untuk masyarakat sekitar.

 

Sungai Mudal bukan hanya tempat wisata biasa. Selain dimanfaatkan sebagai sumber mata air, tempat ini juga dibangun sebagai kolam renang bagi anak-anak SD di desa tersebut.

Dengan adanya pembangunan tersebut sangat memberikan manfaat yang begitu besar bagi siswa-siswi di SD. Mengingat adanya fasilitas tersebut sangat dibutuhkan untuk mereka.

 

Setelah diresmikan pada tahun 2015, ekowisata Sungai Mudal menarik minat banyak pengunjung, dan fasilitas-fasilitas di tempat wisata ini pun mulai diperbaharui. Saat ini, destinasi wisata ini telah memiliki fasilitas yang memadai, menciptakan pengalaman berlibur yang nyaman dan menyenangkan.

 

Pemerintah setempat juga turut memperhatikan pelestarian alam di sekitar lokasi dengan mengadakan penanaman 1.000 bibit pala untuk masyarakat sekitar. Hal ini menunjukkan komitmen untuk menjaga keseimbangan antara ekowisata dan pelestarian alam.

 

Petualangan di Taman Wisata Sungai Mudal

 

Lokasi kolam pemandian dengan pintu masuk tidak langsung berhadapan membuat pengunjung harus berjalan kaki sekitar 500 meter hingga mencapai lokasi kolam.

BACA JUGA:Intip Tempat Wisata dan Kuliner Khas Kulon Progo; Sayang Jika Kamu Lewatkan!

Meskipun begitu, jalur pejalan kaki di ekowisata Sungai Mudal sudah dibangun dengan paving oleh pengelola, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir tentang jalur yang sulit atau licin.

 

Ekowisata Sungai Mudal tidak hanya menawarkan kesegaran berenang di kolam pemandian alami, tapi juga menyediakan air terjun dan wahana menarik lainnya yang bisa dinikmati.

 

1. Kolam Pemandian Alami

 

Sungai Mudal merupakan mata air yang berasal dari kedalaman gua di kawasan Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo.

Dinamakan Mudal karena sumber air ini selalu memancarkan air sepanjang tahun, memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga melalui pipa-pipa.

Sungai Mudal kemudian diubah menjadi taman wisata air, berbentuk kolam pemandian dengan air yang jernih dan berwarna biru tosca.

 

2. Air Terjun Mini dan Fasilitas Lengkap

 

Meskipun terletak agak terpencil, fasilitas yang disediakan di Taman Sungai Mudal sudah cukup lengkap. Mulai dari mushola, toilet, pelampung, warung makan, gazebo, hingga tempat camping dan wahan flying fox juga tersedia.

BACA JUGA:Hutan Mangrove Kulon Progo: Destinasi Keindahan Wisata Terbaru di Yogyakarta

Keberadaan "air terjun" mini yang indah turut menyegarkan mata dan menambah keasyikan liburan. Tempat ini sangat cocok untuk liburan keluarga, memberikan pengalaman mandi di kolam pemandian alami sambil menikmati pemandangan alam yang menyejukkan.

 

3. Harga Tiket Masuk yang Terjangkau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: