Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal Beberkan Rencana Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal Beberkan Rencana Pengamanan Natal dan Tahun Baru

PAPARKAN - Kasi Perparkiran Dishub beberkan kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru.Foto: Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Jelang digulirkannya Operasi Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal membeberkan rencana pengamanan di gelar FGD di Aula Dinas Porapar.  Kali ini, kepala Dinas Perhubungan Muhammad  Budi Eko Setyawan melalui Kasi Perparkiran Bayu Atmo menjelaskan rencana yang sempat dirancang dalam pengamanan Nataru tahun ini.

Menurutnya, berdasarkan data Dishub,  jumlah perlintasan sebidang KA yang ada di Kabupaten Tegal  sampai tahun 2023 sebanyak 53 perlintasan. 

BACA JUGA:Warga SMPIT LH Kabupaten Tegal Adakan Mabit

“Dimana 19 perlintasan dijaga Dishub, 2 perlintasan dijaga desa, 8 perlintasan dijaga PT KAI, 3 perlintasan yang belum wajib dijaga saat ini kita jaga. 2 perlintasan sudah ditutup, 11 perlintasan wajib ditutup, serta 2 flay over dan 6 underpass," ujarnya.

Dari data tersebut, daerah rawan kecelakaan di perlintasan sebidang KA mencakup perlintasan sebidang yang belum dijaga Dishub. Seperti JPL 7 Debong Wetan, JPL 40 A Balapulang Kulon, JPL 76 Jembayat dan 11 perlintasan liar yang wajib ditutup. Untuk kesiapan perlengkapan jalan di pengamanan Nataru ini. Pihaknya menyiapkan RPPJ portabel 50 unit, traffic cone 50 unit, water barrier 50 unit  dan stick cone 100 unit. 

BACA JUGA:Kepala SD Muhammadiyah 1 Kota Tegal Ina Oktaviana Siapkan Lima Program

“Pemasangan rambu petunjuk arah dilakukan di persimpangan dan jalur alternatif," cetusnya.

Pihaknya juga memetakan daerah rawan macet, seperti di simpang tiga MC Mejasem, simpang tiga  Yomani, Pasar Banjaran dan OW Cacaban. Untuk kesiapan jumlah personil selama pengamanan Nataru, pihaknya membagi di posko kantor induk mendukung tim data dan laporan 3 orang. Tim siaga  PJU 5 orang dan tim APPIL 5 orang. 

BACA JUGA:Terpilih Jadi Ketua, Iwan Setiawan akan Hidupkan Kembali PPDI Kabupaten Tegal

“Untuk terminal pelayanan terminal 51 orang  dan ada tim pelaporan kondisi arus lalu lintas terkini wilayah terminal. Berikut pemantauan angkutan pariwisata perairan di waduk Cacaban," ungkapnya.

Dishub juga akan menerjunkan personel di tim pelaporan kondisi lalu lintas di 8 titik pos gabungan sebanyak 40 orang. Untuk pos penjagaan perlintasan sebidang KA  diterjunkan 146 orang di 19 titik penjagaan. Baik di jalur urtara,  jalur tol, jalur tengah dan selatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: