Kepala SD Muhammadiyah 1 Kota Tegal Ina Oktaviana Siapkan Lima Program

Kepala SD Muhammadiyah 1 Kota Tegal Ina Oktaviana Siapkan Lima Program

PELANTIKAN – Ina Oktaviana SPdSD resmi dilantik sebagai kepala SD Muhammadiyah 1 Kota Tegal.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL – Setelah resmi dilantik sebagai kepala SD Muhammadiyah 1 (Mutu) Kota TEGAL oleh Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non Formal (Dikdasmen PNF) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota TEGAL, Ina Oktaviana SPdSD menyiapkan lima program yang akan dijalankan untuk memajukan sekolah yang dipimpinnya. 

Program pertama yakni mengevaluasi program sekolah selama satu semester. Evaluasi program merupakan kombinasi antara teori yang digunakan untuk mengakomodasi pertanggungjawaban pengambil kebijakan dan praktik penilaian yang di dalamnya para evaluator mengumpulkan data sebagai informasi pendukungnya.

BACA JUGA:SMP Negeri 7 Kota Tegal Bekali Karakter Siswa Didik

Kedua, meningkatkan kompetensi guru. Peningkatan kompetensi memungkinkan guru untuk memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang mata pelajaran yang mereka ajarkan. Mereka dapat mengembangkan keahlian dalam bidang mereka sehingga mereka dapat memberikan pengajaran yang lebih bermutu dan menyenangkan bagi siswa.

“Liburan ini kami akan melaksanakan In House Training yang kedua. Walaupun libur tetap belajar,” kata Ina.

BACA JUGA:Warga SMK Negeri 2 Slawi Gelar Lomba Jelang Libur Semester

Lebih lanjut disampaikan, program ketiga yakni mengembangkan kurikulum. Pengembangan kurikulum adalah proses perencanaan dan penyusunan kurikulum yang dilakukan oleh pengembang kurikulum (curriculum developer) dan kegiatan yang dilakukan agar kurikulum yang dihasilkan dapat menjadi bahar ajar dan acuan yang digunakan untuk mencapai tujuan nasional.

Ina mengemukakan, sedangkan program keempat adalah menyusun program kerja selama empat tahun mendatang yang berisikan tentang seluruh rencana kegiatan sekolah selama empat tahun ke depan. Ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara umum dan sekaligus sebagai acuan sekolah dalam melaksanakan berbagai macam kegiatan.

BACA JUGA:Kodim Pemalang Laksanakan Karya Bakti Penghijauan

Sementara untuk program kelima, yakni menyusun program pengembangan sekolah. Perencanaan pengembangan sekolah (school development planning) merupakan proses pengembangan sebuah rencana untuk meningkatkan kinerja sebuah sekolah secara berkesinambungan.

SD Mutu yang terletak di Jalan Cempaka mengusung motto Tiga B, yakni Berakhlak, Bergerak, dan Berprestasi. Sekolah Penggerak ini menyelenggarakan Kelas Tahfidz dan Kelas Reguler. Untuk mengembangkan bakat dan minat siswa, menyelenggarakan ekstrakurikuler. Di antaranya Hizbul Wathan, Tapak Suci, Marching Band, Badminton, Futsal, Panahan, Renang, Sains.

BACA JUGA:Pemkab Pemalang Serius Atasi Masalah Sampah yang Meresahkan Masyarakat

Kemudian, Arabian Club, English Club, Tahfidz, Tilawah, Seni Tari, dan Seni Lukis. SD Mutu juga sedang membangun gedung dua lantai untuk meningkatkan pelayanan pendidikan. Saat ini, Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 telah dibuka. Pendaftar berkesempatan untuk mendapatkan voucher potongan dan cash back menarik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: