Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal Uji Tiru di Terminal Mangkang

Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal Uji Tiru di Terminal Mangkang

TIMBA ILMU - Uji tiru yang dilakukan Bidang Terminal dan Angkutan Dishub Kabupaten Tegal di Terminal Mangkang.Foto: Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Upaya meningkatkan kapasitas  kompetensi bagi para orperator terminal dilakuan Bidang Angkutan dan terminal Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal. Upaya itu dilakukan dengan menggelar studi tiru di terminal Mangkang.

BACA JUGA:Bangun Drainase Sai untuk Cegah Banjir di Desa Kecepit Kabupaten Pemalang

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal Muhammad Budi Eko  Setyawan melalui Kasi Angkutan dan Terminal Agil Suprayogi menyatakan, diharapkan melalui kegiatan ini operator terminal  lebih pahan tugas  pokok dan fungsinya dalam melaksanakan tugas di Terminal Dukuhsalam. Tidak bisa dipungkiri, masih banyak permasalahan yang ditemui di terminal. Seperti penumpang yang enggan masuk, termasuk bus yang tidak mau masuk terminal. 

BACA JUGA:Begini Pesan Bupati Tegal Umi Azizah Jelang Purna Tugas saat Manasik Haji

“Banyak beridiri agen atau terminal  bayangan, hingga lokasi terminal yang dinilai kurang stategis," ujarnya.

Piahknya mencoba melakukan kaji tiru dengan pengelola Terminal Mangkang yang merupakan terminal tipe A. Fungsi terminal bukan hanya sebatas untuk menaikkan dan menurunkan penumpang, mengatur datang dan berangkatnya bus. Serta sebatas berfungsi sebagai pemindahan moda angkutan saja. Namun, terminal saat ini telah disesuaikan dengan perkembangan zaman, seperti yang telah dilakukan pengelola Terminal Mangkang. Di sana terminal sudah mulai untuk kegiatan ekonomi dan sosial budaya. 

BACA JUGA:Warga SMK Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal Bersihkan Pantai Larangan

“Di Terminal Mangkang  ada Mal Pelayanan Publik, bahak sempat digelar  kegiatan berskala nasional maupun internasional," ungkapnya. 

Pihaknya bisa menyontoh apa yang telah diperbuat pengelola Terminal Mangkang untuk dipresentasikan atau diwujudkan. Hal tersebut, bisa dilakukan dengan catatan ada dukungan untuk melengkapi  sarana dan prasarana, kios, ruang tunggu penumpang  dan ruang terbuka hijau. Dari uji tiru ini pihaknya juga berharap operator terminal juga  harus peka terhadap masalah dilapangan yang mungkin terjadi.

BACA JUGA:Sukarmin Pimpin MKKS SMP/MTs se-Kota Tegal  

“Hal ini demi terciptanya terminal yang aman, nyaman, dan berkeselamatan.” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: